Home / Komando / Di Lokasi TMMD Reguler Banyumas Fungsi Excavator Vital

Di Lokasi TMMD Reguler Banyumas Fungsi Excavator Vital

(pelitaekspress.com)-BANYUMAS – Alat berat berupa excavator terus beroperasi membantu pekerjaan manual yang dilakukan TNI dari Koramil 15 Pekuncen Kodim 0701 Banyumas dan masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam mengeraskan jalan sebelum dilakukan pengecoran.

Disampaikan Babinsa setempat, Serka Eko Budi Wiyono, upaya ini demi menjaga kualitas bangunan rabat beton sepanjang 1,8 kilometer lebar 3,75 meter dan ketebalan 20 centimeter, yang nantinya akan berfungsi sebagai Jalan Usaha Tani (JUT) warga setempat dan juga jalan utama kendaraan bermotor menuju Obyek Wisata Curug Nangga.

“Selain untuk membuka jalan, fungsi lain excavator adalah membantu memadatkan jalan yang akan di cor,” ucapnya, Senin (22/6/2020).

Alat berat ini juga berfungsi untuk mengangkat batu besar dan menarik dump truk pengangkut material yang mengalami selip saat menanjak meninggalkan lokasi dropping.

Sementara dinyatakan Serma Aan Setyawan, anggota publikasi TMMD Reguler 108 Kodim Banyumas yang diperbantukan dari Kodim 0713 Brebes, bahwa pekerjaan pembangunan jalan di TMMD Banyumas merupakan yang terberat medannya dari 8 Kodim lainnya di jajaran 071 Wijaya Kusuma yang pernah didatanginya.

“Setelah membongkar material, dump truk akan diisi batu gunung sebagai pemberat untuk menaiki tanjakan jalan yang nantinya juga akan di cor. Jika masih selip karena jalan becek pasca turun hujan, maka satu-satunya jalan adalah ditarik menggunakan excavator,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk batu-batu gunung yang sebagian diangkut sebagai pemberat dump truk, difungsikan untuk makadam atau memperkeras jalan yang masih berupa tanah menuju Obyek Wisata Watukumpul yang terletak di desa tetangga Patahunan, yaitu Desa Cibangkong yang hanya berjarak 400 meter dari Kantor Desa Petahunan. (Aan)

DIBACA 592 kali

About pelitaekspres

Check Also

Karang Taruna Klungkung Termotivasi Untuk Donor Darah

(pelitaekspres.com) – KLUNGKUNG – Adanya donor darah yang dilakukan oleh pihak Karang Taruna di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.