Home / Pemprov / Wakil Gubernur Lampung Membuka SAKIP Award Dan Soft Launching e-SAKIP Provinsi Lampung

Wakil Gubernur Lampung Membuka SAKIP Award Dan Soft Launching e-SAKIP Provinsi Lampung

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG— Wakil Gubernur Lampung Chusnunia membuka SAKIP award sekaligus Soft Launching e-SAKIP Provinsi Lampung bertempat di Minister Room Hotel Novotel, Kamis (29/12/2022).

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia dalam pengantar sambutannya menyampaikan bahwa Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) merupakan ukuran dalam menunjukkan hasil dari capaian kerja OPD di instansi pemerintah.

“Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) merupakan suatu ukuran untuk menunjukan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja.” ucapnya

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah serta Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Dalam Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden tersebut diamanatkan bahwa Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) merupakan suatu ukuran untuk menunjukan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi hasil.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur menjelaskan bahwa Provinsi Lampung memperoleh predikat “Baik (B)” pada penilaian SAKIP Tahun 2021.

“Dalam penilaian SAKIP tahun 2021, Provinsi Lampung memperoleh predikat Baik (B) dengan nilai 66,88. Nilai ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya namun tidak secara signifikan dan masih memerlukan poin 3,12 untuk memperoleh predikat Sangat Baik (BB).” lanjutnya.

Wakil Gubernur juga berharap agar nilai yang diperoleh saat ini akan meningkat di tahun yamg akan datang, sehingga diakhir masa jabatan gubernur dan wakil gubernur, nilai SAKIP Provinsi Lampung dapat mencapai BB (baik sekali).

Diakhir Wakil Gubernur Lampung Chusnunia berpesan agar hasil dari award ini dapat menjadi motivasi untuk kinerja lebih baik lagi.

“Hasil yang didapat pada hari ini, saya harap dapat menjadi misil semangat kita untuk bisa memberikan yang lebih baik lagi terutama bagi bapak ibu semua menjadi komponen utama dalam pemerintahan di Provinsi Lampung.” harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Organisasi selaku ketua penyelenggara kegiatan, Lukman menyampaikan bahwa penilaian dan predikat yang menjadi dasar pemberian sakip award ini diperoleh dari Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SAKIP Provinsi Lampung tahun 2022 oleh evaluator internal yaitu Inspektorat Provinsi
Lampung.

Lukman mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan motivasi kepada pimpinan perangkat daerah untuk meningkatkan manajemen kinerja perangkat daerah dalam mencapai target dan tujuan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan nilai SAKIP Pemprov Lampung, melalui penerapan reward and punishment atas kinerja perangkat daerah serta menciptakan budaya dan manajemen kinerja yang mengutamakan efisiensi anggaran untuk mencapai target kinerja perangkat daerah.

Berikut 5 OPD yang menerima award dalam kegiatan ini:

1. Terbaik pertama diterima oleh Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi dengan Predikat BB dengan perolehan nilai 77,40
2. Terbaik kedua diterima oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Predikat BB dengan perolehan nilai 74,25
3. Terbaik ketiga diterima oleh Dinas Kesehatan dengan Predikat BB dengan perolehan nilai 74,15
4. Terbaik keempat diterima oleh Rumah Sakit Jiwa dengan Predikat BB dengan perolehan nilai 73,10
5. Terbaik kelima diterima oleh Dinas Tenaga Kerja dengan Predikat BB dengan perolehan nilai 73,00

Selain pemberian Award, dalam kesempatan tersebut dilakukan Soft Launching e-SAKIP Terintegrasi sebagai salah satu upaya Provinsi Lampung dalam mencapai predikat SAKIP menjadi sangat baik (BB). (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

About admin adminku

Check Also

Resmi di Lantik Ahmad Usmarwi Kaffah Siap Membangun dan Memajukan Muara Enim

(pelitaekspres.com.com) -PALEMBANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru melantik H. Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM (Bham)., …

Tinggalkan Balasan