(pelitaekspres.com)-NIAS UTARA-Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi, M.Si Membuka Secara Resmi Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2025, yang dilaksanakan di Aula Tafaeri Kantor Bupati Nias Utara Senin (26/02/2024)

Sebagai Tema pada Musrenbang tersebut yaitu “Pemantapan Kualitas SDM dan Tata Kelola Birokrasi serta Infrastruktur Kewilayahan untuk Kemajuan Ekonomi”

Dalam laporan Kepala Bapperida Kab. Nias Utara FOAROTA GEA, SH menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Utara Tahun 2025 adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah dan Penyelarasan program, kegiatan dan sub kegiatan pembangunan daerah Kabupaten Nias Utara dengan prioritas dan sasaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Pada kesempatan itu, Pimpinan DPRD Kab. Nias Utara Noferman Zega, SE.MAP dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama lembaga DPRD Kabupaten Nias Utara menyambut baik pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2025 dan berharap melalui musrenbang ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam merencanakan pembangunan di Nias Utara kedepan.

Noferman Zega juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar usulan-usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara dapat direalisasikan terutama infrastruktur jalan Provinsi yang ada di Nias utara yang merupakan tanggungjawab Pemerintah Provinsi agar segera diselesaikan mengingat Nias Utara masih berada dalam kategori daerah tertinggal.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumut yang diwakili oleh Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Utara Hamdan Sukri Siregar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya kegiatan ini terutama kepada Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Utara menyampaikan agar seluruh stakeholders harus memperhatikan target-target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatannya, seperti RPJMN, RPD Provinsi dan RPD Kabupaten Nias Utara, serta memperhatikan hasil evaluasi RKPD Kabupaten Nias Utara Tahun 2023, untuk melihat capaian pembangunan pada tahun 2023 yang telah tercapai dan yang belum tercapai, dan mempertimbangkan program-program strategis baik di tingkat Nasional, Provinsi, maupun Kabupaten Nias Utara, dan kondisi riil di daerah, mulai dari permasalahan hingga isu-isu strategis kedepan.

Wakil Bupati Nias Utara  Yusman Zega, A.Pi, M.Si dalam arahannya menyampaikan agar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2025 dapat memberikan sumbangsih pemikiran terkait arah Pembangunan tahun 2025, dan berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara supaya lebih serius dalam penangan Pembangunan di Kabupaten Nias Utara, terlebih infrastruktur jalan yang sudah rusak parah agar segera di perbaiki secepatnya.

Wakil Bupati juga berharap kepada seluruh stakeholder agar terus bersinergi dalam membantu Pembangunan di Kabupaten Nias Utara dimana masalah utama yang dihadapi yakni masih belum maksimalnya pemerataan kesejahteraan Masyarakat Nias Utara dan masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manuasia.Ucapnya

Pada Kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada Desa Responsif Terbaik dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa yakni Desa Hilisebua Siwalubanua, Hilina’a, Fabaliwa Oyo, Lasara Sawo, La’aya, Tetehosi Maziaya, Baho, Tuhenakhe I, Sisobahili, Hilizukhu dan Tetehosi Sorowi. Sedangkan Kecamatan yang menerima Penghargaan sebagai “Kecamatan Responsif Terbaik” dalam Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan di Tahun 2024 ini adalah Kecamatan Tugala Oyo.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Nias, Sekda Nias Utara, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kabagren Polres Nias, Pimpinan BUMN/BUMD, Tim Percepatan Pembangunan Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag, Camat se-Kab. Nias Utara, Kepala Desa, dan Peserta lainnya. (Toro Harefa)