(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Universitas Lampung ( Unila ) mengundang sejumlah awak media di Provinsi Lampung untuk menghadiri konferensi pers guna mengumumkan rekapitulasi hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2024.

Kegiatan berlangsung pada Selasa, 26 Maret 2024 pukul 15.30 WIB, di ruang sidang utama lantai dua gedung rektorat kampus setempat.

Berdasarkan data statistik penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP tahun 2024, dinyatakan 2.611 siswa berhasil lolos seleksi di Unila. Jumlah ini berasal dari 24.805 total peminat, dengan 79,4% di antaranya berasal dari Provinsi Lampung.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr.Eng. Suripto Dwi Yuwono, MT, yang membuka acara menyampaikan selamat kepada para siswa yang berhasil lolos melalui jalur SNBP. Ia juga memotivasi siswa yang belum berhasil untuk mencoba mendaftar di Unila melalui jalur SNBT yang saat ini telah dibuka.

“Jalur SNBP berkontribusi sebesar 20,66 persen terhadap daya tampung Unila yang berjumlah 9.815 orang,” ujar Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono.

Muhammad Komarudin, Koordinator Humas PMB Unila, menambahkan, pendaftar Unila dari Provinsi Lampung masih mendominasi dengan angka 79,4%, sementara pendaftar dari luar Provinsi Lampung hanya mencapai 20,6%.

Dari data tersebut, terlihat tiga besar jumlah pendaftar terbanyak berasal dari Kota Bandar Lampung sebanyak 3.270 siswa, diikuti 1.566 siswa dari Kabupaten Lampung Tengah pada urutan kedua, dan 1.275 siswa dari Kabupaten Lampung Selatan pada urutan ketiga.

Berdasarkan pemeringkatan sepuluh program studi S-1 dengan peminat terbanyak, bidang soshum diraih program studi manajemen, PGSD, hukum, akuntansi, ilmu komunikasi, ilmu administrasi bisnis, bimbingan konseling, pendidikan bahasa Indonesia, ilmu administrasi negara, dan pendidikan bahasa Inggris.

Sementara sepuluh besar peminat terbanyak di bidang saintek adalah farmasi, pendidikan dokter, teknik informatika, ilmu komputer, agribisnis, pendidikan biologi, pendidikan matematika, teknik sipil, sistem informasi, dan teknik elektro.

Konferensi Pers Hasil SNBP Unila 2024 ini juga dihadiri Ketua LP3M Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., Sekretaris LP3M Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, ST, MT, IPM., ASEAN Eng., Koordinator Bagian Informasi dan Humas Suratno, S.Pd., MH, serta Ing. Hery Dian Septama, ST, selaku Ketua Badan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Unila beserta jajaran.(Red)