Home / Komando / Tiga Pilar Kamtibmas Petahunan Merupakan Kepingan Suksesnya TMMD Banyumas

Tiga Pilar Kamtibmas Petahunan Merupakan Kepingan Suksesnya TMMD Banyumas

(pelitaekspress.com) – BANYUMAS – Di TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas yang membangun infrastruktur umum masyarakat di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, unsur Kamtibmas merupakan salah satu kepingan puzzle suksesnya pembangunan.

Memang sepintas terlihat sepele, namun peran mereka cukup komplek. Disampaikan Pasiter Kodim Banyumas, Kapten Infanteri Putut Widodo, peran dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Linmas setempat antara lain meliputi, pemaksimalan warga dalam pembangunan, pengaturan tempat parkir jika ada kunjungan, rekayasa lalu-lintas, penentuan skala prioritas warga yang akan mandapatkan bantuan, dan tentunya pengawasan dan pengamanan terhadap masyarakat dan Satgas TMMD yang akan segera bertugas.

“Ketiga unsur tersebut merupakan tiga pilar di desa yang menjadi motornya pembangunan. Selain melakukan pengawasan, mereka juga terkadang ikut bekerja fisik untuk memotivasi masyarakat,” terang Putut, Kamis (25/6/2020).

Maka dari itu lanjutnya, jika ketiga bersinergi dengan baik maka kendala apapun di lapangan kerja pasti dapat solusinya. “Selain membangun infrastruktur, tujuan TMMD lainnya adalah menumbuhkan gotong royong masyarakat bersama segenap unsur, kesadaran dan kepedulian, serta menyatukan visi dan misi antar aparatur pemerintahan dengan para unsur pembina masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, sasaran infrastruktur yang dimaksud adalah meliputi pembangunan jalan beton sepanjang 1,8 kilometer lebar 3,75 meter dan ketebalan 20 centimeter, membuat 1 unit jembatan 6 x 2,3 meter, dan 3 unit gorong-gorong dengan lebar 80 sentimeter tinggi 1 meter dengan panjang 6 dan 2 unit 4 meter.

Sedangkan sasaran over prestasinya adalah membangun talud di sejumlah titik jalan yang rawan longsor sebagai sarana penguat jalan beton tersebut. Tampak kebersamaan antara Paino (39), Linmas Petahunan, Babinsa Serka Eko Budi Wiyono, dan juga Bhabinkamtibmas Bripka Fifian Aji, saat ngopi bareng di lokasi pembangunan. (Aan)

DIBACA 9 kali

About pelitaekspres

Check Also

18 PNS Di Lingkungan Polda Sumsel Mendapatkan Kenaikan Pangkat Golongan III Dan IV

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Polri mendapatkan kenaikan pangkat periode 1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.