Home / Pemkab / Sudin Kunjungi Sekretariat Swasembada Gizi Lamsel, Perkenakan Metode Tanam Hidroponik Dan Budidaya Lada Perdu

Sudin Kunjungi Sekretariat Swasembada Gizi Lamsel, Perkenakan Metode Tanam Hidroponik Dan Budidaya Lada Perdu

(pelitaekspres.com) -KALIANDA- Usai membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha, Ketua Komisi IV Sudin berkesempatan mengunjungi Sekretariat Swasembada Gizi Lampung Selatan, Sabtu (26/11/2022).

Didampingi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sudin nampak berkeliling masuk kedalam Sekretariat Swasembada Gizi tersebut sambil melihat data-data penurunan stunting dan pencapaian serta penghargaan yang berhasil di raih oleh Kabupaten Lampung Selatan yang terpajang didinding sekretariat tersebut.

Tak begitu lama, Sudin bersama H. Nanang Ermanto berjalan menuju kebun edukasi yang berada tepat disisi kiri sekretariat Swasembada Gizi. Sudin mengatakan kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto untuk merubah kebun tersebut menjadi Kebun Hidroponik.

Sudin juga menjelaskan, metode hidroponik memiliki banyak keunggulan yang salah satunya penggunaan lahan yang efisien, tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah, kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih serta penggunaan pupuk dan air lebih efisien dan lainnya.

Selain itu, Sudin juga menyarankan untuk menambahkan budidaya Lada Perdu dalam pot yang merupakan jenis tanaman lada yang tidak menjalar dan tidak memerlukan tiang panjat.

Jenis tanaman lada ini sangat cocok dibudidayakan dilahan pekarangan yang sempit atau terbatas serta di pekarangan rumah bisa dilakukan dengan menggunakan pot, polybag, karung goni bekas atau ditanam langsung ditanah.

”Jadi Lada ini mempunyai manfaat cukup banyak bagi kehidupan apalagi untuk ibu rumah tangga, lada (merica) digunakan sebagai bumbu atau penyedap makanan. Selain untuk bumbu dapur lada perdu juga dapat manjadi tanaman alternatif bagi para pehobi tanaman hias,” tutupnya.(kmf)

About admin adminku

Check Also

Pemkab Nias Barat Kembali Bagikan Kartu KUSUKA Kepada Para Nelayan

(pelitaekspres.com)-NIAS BARAT-Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat, …

Tinggalkan Balasan