Home / NASIONAL / Satgas Citarum Harum Sektor 12 Mengajak Pembudidaya Ikan KJA
DINAS KOMINFO ASAHAN

Satgas Citarum Harum Sektor 12 Mengajak Pembudidaya Ikan KJA

(pelitaekspress.com)- PURWAKARTA - Waduk Cirata, Saguling dan Jatiluhur merupakan waduk yang bersumber dari sungai Citarum. Yang mana kondisi perairan waduk Cirata, Jatiluhur dan Suguling sudah menghawatirkan.

Diketahui, bahwa jumlah Keramba Jaring Apung (KJA) yang sudah over populasi dipandang sebagai beban pencemar yang dapat mencemari Sungai Citarum.

Melalui program Citarum Harum pemerintah akan mengembalikan kondisi dan kualitas air, sehingga dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.

Dalam rangka mensukseskan Program Citarum Harum Satgas Citarum Harum sektor 12 menggelar sosialisasi bersama masyarakat pembudidaya ikan Kolam Jaring Apung (KJA) Waduk Cirata di aula Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC) di hadiri oleh Satgas Citarum Harum Komandan Sektor 12, Kepala Dinas Perikanan Dan Peternakan (Kadiskanak) Kabupaten Purwakarta, Manager Keuangan BPWC, pada Kamis (25/6).

Dansektor 12 Satgas Citarum Harum  Kolonel Kaveleri Purwadi dalam paparannya, mengajak kepada seluruh pembudidaya ikan KJA Waduk Cirata untuk mendukung dan turut mensukseskan program Citarum Harum di perairan Waduk Cirata.

"Seiring waktu kami satgas citarum harum sektor 12 akan terus berupaya melakukan sosialisasi sehingga para pemilik KJA di Waduk Cirata khususnya, menerima dengan ikhlas apabila dilakukan penertiban. Karena penertiban bagian dari upaya pemerintah untuk mengembalikan kondisi air," ujarnya.

Lanjut, Kepala Dinas Perikanan Dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta, Budi Supriadi mengatakan, pemerintah daerah kabupaten Purwakarta akan selalu mendukung program Citarum Harum, karena program tersebut sangatlah baik dan positif.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta mendukung penuh program Citarum Harum, karena tujuan program Citarum Harum ini, untuk mengembalikan kondisi atau kualitas air yang mana kondisi Citarum ini, sudah kotor bahkan terkotor di Dunia," katanya.

Hal senada pun di ungkapkan Manager Keuangan BPWC Catur Prasetyo mengatakan, dengan adanya Program Citarum Harum, yang akan mengembalikan kondisi atau kualitas air, di wilayah perairan waduk Cirata, melalui Satgas Citarum Harum sektor 12 kami BPWC mendukung sepenuhnya.

"Semoga dengan digelarnya sosialisasi oleh Satgas Citarum Harum sektor 12, para pemilik KJA di perairan Waduk Cirata juga akan mendukung dan turut mensukseskan program Citarum Harum," harapnya.

Sementara itu, Kol Kav Purwadi menambahkan, bahwa Satgas Citarum Harum Sektor 12 meliputi wilayah Kabupaten diantaranya Kabupaten Purwakarta, Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat.

"Alhamdulilah ketiga wilayah tersebut hadir dan mengikuti kegiatan sosialisasi bersama masyarakat pembudidaya ikan KJA Waduk Cirata tentang program Citarum Harum yang mana akan dilakukannya penertiban KJA di perairan Waduk Cirata," pungkasnya. (Deni)