Home / Komando / Saat TNI Banyumas Makan Nasi Bungkus Bersama Warga di Lokasi TMMD

Saat TNI Banyumas Makan Nasi Bungkus Bersama Warga di Lokasi TMMD

(pelitaekspress.com) – BANYUMAS – Untuk menjalin keakraban dengan warga di lokasi Pra TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, warga Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, salah satu cara yang dilakukan sejumlah anggota Koramil 15 Pekuncen adalah dengan makan nasi bungkus bersama.

Disampaikan Babinsa setempat, Serka Eko Budi Wiyono, jika cara itu dilakukan secara rutin maka warga masyarakat setempat akan cepat menganggap TNI sebagai saudara mereka.

“Terbukti, dengan modal logistik kiriman dari warga setempat itu, jalinan keakraban antara TNI dan warga terus meningkat,” ucapnya.

Menurutnya juga, mengambil hati warga itu tidak sulit. Dengan mengikuti kebiasaan mereka saja dan memposisikan diri sebagai rakyat biasa pasti membuat mereka sangat tersanjung dan merasa terhormat.

“Salah satu misi di TMMD Reguler adalah meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tandasnya.

Waryana (42), salah satu warga setempat, mengaku kagum dengan sosok TNI yang diterjunkan di lokasi TMMD, yakni benar-benar merakyat dan tidak memandang orang dalam menjalin hubungan.

“Saya yang hanya rakyat di pedesaan merasa terhormat bisa kerja, istirahat dan makan bersama dengan tentara. Lebih dari itu, mereka melakukan pembangunan di desa kami benar-benar ikhlas,” ungkap Waryana.

Sekedar diketahui, beberapa manfaat TMMD di Desa Petahunan adalah menumbuhkan semangat gotong royong dan kepedulian masyarakat dalam membangun desanya, memperlancar dan meningkatkan transportasi barang dan jasa dengan pembangunan rabat beton sepanjang 1,8 kilo meter lebar 3,75 meter, serta meningkatkan partisipasi, pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam proses pembangunan. (Ags/Aan)

DIBACA 560 kali

About pelitaekspres

Check Also

Danramil 410-05/TKP Hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektor Kecamatan Tanjungkarang Barat

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG- Danramil 410-05/TKP Kapten Inf Bunyamin menghadiri loka karya mini lintas sektor di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.