Home / Pemkab / Puskesmas Tamiang Layang Lakukan Penanganan Terhadap ODGJ.

Puskesmas Tamiang Layang Lakukan Penanganan Terhadap ODGJ.

(pelitaekspres.com) –TAMIANG LAYANG – Kepala Puskesmas Tamiyang Layang,  Dandang Suseno, SKM, MM mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penanganan kesehatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Tim mereka langsung turun ke desa-desa untuk melakukan penangan warga yang disebut ODGJ ini,” ucap Dadang ketika ditemui diruang kerjanya, Sabtu (03/12/2022).

Dijelaskan Dandang, pasien gangguan jiwa ini ada beberapa macam. Ada yang parah, ada yang sedang, dan ada juga yang ringan.

“Pihaknya melakukan pelayanan langsung ke rumah warga ketika mendapatkan laporan dari desa setempat. Kita ajak petugas kesehatan ke lapangan untuk melayani kesehatan dan penanganan ODGJ ini, kalau tidak sibuk melayani pasien di Puskesmas”, ungkapnya.

Lanjut Dandang, pelayanan kesehatan ODGJ ini memang merupakan program dari pemerintah pusat. Pihaknya telah melakukan kunjungan secara teratur terhadap pasien ODGJ. Termasuk pemberian obat-obatan secara teratur.

“Terkadang pihaknya terkendala untuk kasus tertentu, sualnya harus dilakukan oleh dokter spesialis kejiwaan. Karena di tempat kita tidak ada dokter spesialis kejiwaan tersebut”.

Dokter spesialis ini adanya di Palangkaraya (Ibukota Kalteng), Banjarmasin (Ibukota Kalsel), Amuntai (Kabupaten HSU, Kalsel), dan di Tanjung (Kabupaten Tabalong, Kalsel), pungkasnya.(SI).

About admin adminku

Check Also

Pembersihan Saluran Irigasi, Jadi Program Unggulan DPUSDA Malang

(pelitaekspres.com) -MALANG – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang mempunyai program unggulan …

Tinggalkan Balasan