Home / NASIONAL / Purwakarta Jadi Tuan Rumah Rakerwil ASOBSI Jabar 2022, Inilah Harapan Ketua DPD ASOBSI Purwakarta

Purwakarta Jadi Tuan Rumah Rakerwil ASOBSI Jabar 2022, Inilah Harapan Ketua DPD ASOBSI Purwakarta

(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Bang Sampah Indonesia (DPW ASOBSI) Jawa Barat menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Purwakarta, tepatnya di Leuweung Seni Perum Hegar Asih Cimaung Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Sabtu (10/12/2022).

DPD ASOBSI Kabupaten Purwakarta jadi tuan rumah Rakerwil ASOBSI Jabar dengan mengangkat tema “Membangun Bank Sampah Dengan Kolaborasi dan Sinergi”.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPW Jabar Warso Wijaya para Ketua DPD ASOBSI se-Jabar, dan Ketua TPS3R Kabupaten Purwakarta serta diikuti oleh DPD ASOBSI se-Jawa Barat dari berbagi daerah Kabupaten dan Kota di Jawa barat diantaranya dari DPD ASOBSI Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cimahi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan DPD ASOBSI Kabupaten Purwakarta sebagai tuan rumah.

Ketua DPW Asobsi jabar Warso Wijaya dalam sambutannya mengatakan bahwa Rakerwil merupakan sebuah laporan kerja dari masing-masing dari DPD – DPD ASOBSI se-Jabar selama setahun dan membahas program kerja kedepan (tahun 2023, red).

“Di Rakerwil ini lebih kepada sering dan mencari solusi selama setahun dari masing-masing DPD apakah ada kendala ataupun permasalahan di setiap kegiatan baik itu dalam bersosialisasi, mengedukasi serta menjalin kerjasama dengan pihak pihak tertentu,” ujarnya

Lebih lanjut menurut Warso, menegaskan kepada para DPD ASOBSI se-Jabar program di tahun 2023, fokus pada perekrutan anggota ASOBSI Pembentukan DPD – DPD untuk Kabupaten dan kota yang belum bergabung, Pelatih membangun SDM pengurus, dan membangun kemitraan.

Dilokasi yang sama, Ketua DPD ASOBSI Kabupaten Purwakarta Suripto mengatakan, selain menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan, bahwa Kabupaten Purwakarta menjadi di tunjuk sebagai tuan rumah pada Rakerwil ASOBSI se-Jabar.

“Rakerwil ini, secara pribadi saya sangat mengapresiasi dan sebuah kehormatan serta kebanggaan bagi kami DPD ASOBSI Kabupaten Purwakarta menjadi tuan rumah pertama dalam Rakerwil se-kabupaten dan Kota di Jabar,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tujuan Rakerwil bagian dari pada sering dan solusi serta prospek kedepan mengatasi sampah khususnya di Jawa barat umum di tanah air tercinta (Indonesia).

“Untuk DPD ASOBSI Kabupaten Purwakarta, dengan berjalannya waktu telah bekerjasama dengan sejumlah OPD atau dinas di wilayah Kabupaten Purwakarta. Namun kami juga tidak selalu harus bergantung kepada OPD atau Dinas dalam menjalin kerjasama, contohnya ke pihak swasta (Perusahaan), BUMN, BUMD, bahkan ketingkat aparatur lingkungan seperti RT RW,” terangnya.

Disini kami berharap, DPW ASOBSI Jabar lebih mensuport kepada DPD – DPD ASOBSI se-Jabar, baik itu Notulensi dan reperensi dari DPP ASOBSI dan ke Kementerian Lingkungan Hidup.

“Intinya dengan mengantongi Notulensi dan Reperensi dari KLH, akan lebih mempermudah para DPD dalam menjalin kerjasama Di Daerah baik dengan OPD atau pihak tertentu,” harapnya.

Suripto menambahkan, “Alhamdulillah DPD ASOBSI Kabupaten Purwakarta, selain sudah Kerjasama dengan Disnakertrans juga dengan jajaran aparatur lingkungan seperti RT maupun RW, salah satunya yang di lakukan oleh Ketua RW 12 di Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta.

“Dengan ketertarikan dan keseriusannya Ketua RW 12, saat ini semangat melakukan sosialisasi dan edukasi langsung dengan ketua RW lainnya tentang fungsi dan manfaat adanya Bank Sampah Unit (BSU) di tingkat RW,” ucapnya.

“Semoga hadirnya Bank sampah di setiap wilayah akan memberikan manfaat bagi kehidupan dan lingkungan, seperti lingkungan akan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis,” pungkas Ketua DPD ASOBSI Purwakarta. (DR)

 

About admin adminku

Check Also

Puluhan Hektar Sawah di Paloh Lada Aceh Utara Masih Terendam Banjir.

(pelitaekspres.com) – ACEH UTARA- Curah hujan deras beberapa hari ini telah menyebabkan 19.057 Warga di …

Tinggalkan Balasan