Home / Pemkab / Perpustakaan Desa Pangkan Menoreh Prestasi Tingkat Nasional

Perpustakaan Desa Pangkan Menoreh Prestasi Tingkat Nasional

(pelitaekspres.com) –TAMIANG LAYANG – Pemerintah Daerah (Pemda) setempat terkhususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur patut berbangga. Pasalnya perpustakaan desa yang menjadi binaanya menorehkan prestasi di tingkat nasional. Perpustakaan Desa Pangkan Kecamatan Paku Kabupaten Bartim berhasil masuk dalam 30 perpustakaan terbaik tingkat nasional dari total 736 perpustakaan seluruh Indonesia.

“Sekedar diketahui penyerahan hadiah pemenang dilakukan pada kegiatan Peer learning Meeting (PLM) tanggal 4 s/d 7 Desember 2022 di Surabaya. Turut hadir dari Bartim, PIC Kabupaten Ernawaty, S.Pd,  Fasilitator Daerah Yensi, S. Sos., MM dan Zahid (Konsultan Regional II)”.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bartim Drs. Darius Adrian, MSi melalui pers rilisnya menjelaskan Desa Pangkan Kecamatan Paku keluar sebagai yang terbaik tingkat nasional karena telah mengimplementasikan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2022. .

“Dalam kegiatan itu Desa Pangkan melibatkan masyarakat dan sekitarnya,” ucap Darius, Rabu (07/12/2022).

Tambah Darius menjelaskan, Desa Pangkan telah melaksanakan kegiatan seperti transformasi  perpustakaan berbasis inklusi sosial diantaranya kursus komputer, kursus bahasa Inggris,  keterampilan PKK dan seni tari khusus anak-anak.

“Setiap ada kegiatan di desa maupun luar desa, kelompok tari tersebut selalu tampil. Program ini memang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas,” ungkap Darius.

Imbuhnya lagi, keberhasilan salah satu perpustakaan desa di wilayah Bartim ini mengukir prestasi di tingkat Nasional, menjadi motivasi bagi jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bartim untuk berbuat lebih banyak lagi.

“Darius berkeinginan untuk tahun 2023 pelaksanaan kegiatan program inklusi berbasis sosial akan di tingkatkan. Perpustakaan yang mendapat program akan benar-benar di seleksi dan harus menandatangani komitmen, agar benar melaksanakan program tersebut untuk mensejahterakan masyarakat, pungkasnya. (SI).

About admin adminku

Check Also

Musrembangcam di Palas, Bupati Ajak Kepala Desa Untuk Menggali Potensi Desa

(pelitaekspres.com) -LAMSEL- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, merupakan agenda tahunan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. …

Tinggalkan Balasan