(pelitaekspres.com) -PALEMBANG- Sebanyak 80 orang mengikuti Turnamen Catur Terbuka yang diselenggarakan oleh Persatuan Catur Indonesia (Percasi) kota Palembang. Sabtu (01/06/2024).

” Antusias masyarakat kota Palembang sangat tinggi, yang mana dibuktikan dengan banyaknya mau mendaftar hingga hampir 200 orang,” kata Ketua Percasi Kota Palembang, KMS. Ahmad Idham Murni, S.E.

Namun pihaknya membatasinya sehingga hanya 80 orang saja yang bisa mengikuti turnamen tersebut dan di ikuti mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan umum.

” Tujuan kami menggelar turnamen ini yakni untuk mencari bibit-bibit atlet yang hebat dan bisa berprestasi tingkat Nasional hingga ke tingkat mancanegara,” ujarnya.

Dalam turnamen catur tersebut, Percasi Kota Palembang juga sekaligus meresmikan Kantor Sekretariat Percasi Kota Palembang Periode 2024- 2028 yang berada di Jalan S.W Subekti 24 Ilir Palembang.

Idham juga mengatakan bahwa peresmian kantor sekretariat Percasi kota Palembang ini sebagai rumah atau wadah untuk olahraga catur yang melahirkan bibit atlet yang hebat.

“Kami berharap adanya kantor baru ini menjadi wadah tumbuhnya bibit-bibit baru, dan kami meminta seluruh stakeholder untuk memperhatikan lagi untuk olahraga catur ini,” ujarnya.

Peresmian kantor Percasi kota Palembang selain untuk mencari bibit-bibit atlet yang berprestasi, juga  mengenalkan bahwa Percasi Palembang itu sudah ada wadahnya mereka untuk bermain, untuk mereka datang ke Kantor Sekretariat dan segala sesuatu ada tempatnya.

” Dalam waktu dekat ini, kami akan mengadakan Liga Catur tingkat kota Palembang yang mana ini sekaligus untuk persiapan Porprov,” katanya.

Dalam Liga Catur nanti, tambah Idham bertujuan untuk bisa menghidupkan kembali minat catur, sehingga semakin bergairah yang mana nanti di ambil dari 28 klub catur yang ada di kota Palembang.

” Liga Catur nanti akan melibatkan seluruh instansi, seperti Pemkot, Kodam/ kodim mapupun polres dan semoga bisa berjalan sesuai dengan rencana,” tambah Idham.

Sementara itu, Ketua KONI kota Palembang, H. Anton Nurdin, H.P., S.T., S.H., M.Si mengapresiasi kepengurusan Percasi Kota Palembang periode 2024-2028.

” Percasi kota Palembang sangat luar biasa, kami mengapresiasi nya, ini sudah sangat luar biasa, selain meresmikan kantor dan langsung menggelar turnamen catur,” ujarnya.

Sebagai Ketua KONI kota Palembang tentu saja Anton sangat bangga dan bahagia dengan kegiatan yang dilakukan Percasi Kota Palembang.

” InshAllah kedepannya akan semakin semarak dan semoga saja ke depan Pemkot Palembang dapat mendukung Percasi dan menjadikan olahraga catur ini unggulan di Kota Palembang,” katanya.

Selain itu, menurut Anton kepengurusan Percasi Kota Palembang 2024-2028 ini sudah lebih luar biasa, sehingga tinggal hanya memolesnya saja. Tinggal mencari atlet-atlet catur kota Palembang yang betul-betul bisa bertanding ke tingkat nasional.

” Orang Palembang ini jago main catur, kalau stigma Sumut jago catur maka Sumsel lebih jago lagi,” pungkasnya. (dkd)

 

Tinggalkan Balasan