Home / Pemkab / Pemkab Bartim Dan BPS Menetapkan Desa Harigen Sebagai Pilot Project Desa Cinta Statistik

Pemkab Bartim Dan BPS Menetapkan Desa Harigen Sebagai Pilot Project Desa Cinta Statistik

(pelitaekspres.com) – TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur bersama Badan Puat Statistik (BPS) menetapkan Desa Haringen Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur, sebagai Pilot Project program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Kabupaten Barito Timur tahun 2022 pada kegiatan sosialisasi SP2020 Lanjutan dan Pencanangan Desa Cantik.

Hal tersebut dilakukan setelah melalui penilaian yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan BPS setempat.Kamis, (09/06/2022) di ruang rapat Bupati Bartim.

“Dengan ditetapkannya Desa Haringen sebagai Pilot Project Desa Cantik Kabupaten Barito Timur tahun 2022, Pemerintah Daerah berharap program ini dapat diikuti dengan baik dan secara bertahap akan diikuti oleh seluruh desa di Barito Timur,” beber Bupati Barito Timur Dr. Ampera AY Mebas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Bartim Panahan Moetar, SE, M.Si.

Bupati Bartim dua periode ini mengatakan dengan hadirnya program Desa Cantik, desa tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subyek dan ujung tombak pembangunan.

Lalu apa saja kreteria Desa Cantik itu?, Kepala BPS Barito Timur Dzikronah, SST.,M.Si melalui Ketua Panitia Sosialisasi Sensus Penduduk Lanjutan dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Kabupaten Barito Timur Restu Kristianto, S.Pi menjelaskan sedikitnya ada delapan kreteria sehingga sebuah desa dapat ditetapkan dan dipilih sebagai Desa Cantik diantaranya di desa tersebut telah memiliki sumber daya manusia yang mengelola administrasi desa dan sudah melek teknologi informasi, disamping itu desa juga telah memiliki sarana teknologi informasi yang sudah memadai dengan dukungan jaringan internet yang bagus.

Sebagian besar perangkat desa yang ditetapkan sebagai desa Cantik sudah memiliki kesadaran statistik yang baik, sistem pengadministrasian/registrasi desa sudah baik, serta jumlah keluarga yang aktif memberikan dukungan terhadap setiap kegiatan statistik cukup banyak.

“Kreteria lainnya sebagai Desa Cantik yaitu memiliki profil data kependudukan dan potensi desa yang ter-update secara kontinyu, membantu dan mendukung kegiatan sensus dan pendataan yang merupakan program nasional dan yang paling penting adalah telah memiliki website/portal untuk melakukan update data statistik dan mempunyai tenaga operasional yang bisa mengelola website/portal/media social,” Tungkas Restu. (DH)

About admin adminku

Check Also

Pj Bupati Tuba Qudrotul Ikhwan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente Teladas

(pelitaekspres.com) –TUBA- Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM selaku Pj Bupati Tulang Bawang mengunjungi warganya yang …

Tinggalkan Balasan