(pelitaekspres.com) -YAPEN, – Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen, Zakeus Rumpedai melakukan Monitoring di daerah pemilihan IV Distrik Kepulauan Ambai dan Distrik Nusawani dalam rangka pengecekan  logistic kotak suara dari tingkat TPS ke sekretariat  PPD di Kantor Distrik sekaligus memastikan hasil rekapitulasi dari  semua TPS  sudah selesai.

Setibanya  Ketua KPUD bersama rombongan di Distrik  Kepulauan Ambai di sambut langsung Ketua PPD, Anggota dan Staf, menuju ke Sekretariat PPD yang berada di Kantor Distrik untuk mengecek dan memeriksa  semua kotak suara yang sudah terkumpul dari TPS di Kantor distrik  yang digunakan sebagai Gudang Logistik yang juga  sekretariatan PPD, pada Jumat  (17/02/2024).

Dalam keterangan persnya, dirinya mengatakan semua kotak suara dari TPS di tingkat kampung telah  terkumpul semua di  sekretariat PPD yang berada di kantor distrik  masing – masing dan mendapat laporan dari Ketua PPD dan anggota bahwa selama pelaksanaan Pemilu berjalan lancar bahkan sampai pada pemungutan hingga penghitungan perolehan suara pun juga sama dan semua TPS telah selesai rekapitulasi, “ujar Ketua KPU.

Ketua KPUD juga mengucapkan terimah kasih atas  dukungan dari Kepala Distrik dan jajarannya juga aparat keamanan serta masyarakat dan semua pihak yang  selama ini memberikan dukungan dalam pelaksanaan Pemilu, dimana telah  membantu    PPD, PPS dan KPPS dalam  melaksanakan tugas  dilapangan sehingga hari ini Pemilu  di kedua wilayah distrik tersebut berjalan lancar dan aman, bebernya.

Dirinya juga menegaskan agar PPD di kedua distrik tersebut untuk dapat mengawal hasil hasil Pemilu  yang sudah disalurkan oleh masyarakat dengan baik, dan segera melakukan rakpitulasi di tingkat distrik minimal hari senin sudah bisa di mulai rekapitulasi atau paling lambatnya hari Selasa, imbunya.

Pada kesempatan yang sama Ketua PPD Distrik Kepulauan Ambai Dehoutman, Kareni menambahkan bahwa, mulai dari tahapan – tahapan Pemilu sampai dengan pencoblosan hingga hari ini semua berjalan sesuai aturan yang berlaku dan semua kotak suara sudah tiba di sekretariat PPD, terangnya.

Menurutnya sejak hari Jumat tanggal (16/02/2024) kemarin, jumlah TPS sebanyak 13 di Wilayah Distrik Kepulauan Ambai. Untuk itu dalam waktu dekat kami sudah mulai melakukan rekapitulasi di tingkat PPD sesuai dengan petunjuk atau jadwal yang di berikan dari KPU, ucapnya.

Selain itu, Kepala Distrik Kepulauan Ambai Isak Maniani juga membenarkan  bahwa, selama pelaksanaan pemilu di distrik  Kepulauan Ambai berjalan lancar dan aman terkendali.

“selama ini kami juga memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan Pemilu mulai dari awal tahapan sampai pada penjemputan Logistik kotak suara kembali ke sekretariat PPD di Kantor Distrik dan dikawal ketat oleh pihak keamanan sehingga berjalan lancar walaupun terdapat ada kendala sedikit di satu kampung namun bisa dapat di atasi” bebernya.

Selain meninjau langsung gudang Logistik kotak surat suara di Distrik Kepulauan Ambai, Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen juga bersama rombongan meninjau gudang Logistik di Distrik Nusawani. Ketua KPUD saat monitoring ke Distrik Nusawani di sambut langsung oleh Ketua PPD dan anggota serta sekretaris dan staf sekretariat di sekretariat PPD.

Setibanya di sekretariat PPD, Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen melihat dan memeriksa Kotak suara yang sudah tersimpan di Gudang Logistik yang ada di kantor Distrik tersebut (GM).