Home / Komando / Mari Kita Mengintip Makna Tulisan di Kaos yang Dipakai Orang Ini

Mari Kita Mengintip Makna Tulisan di Kaos yang Dipakai Orang Ini

(peliaekspress.com)- TULUNGAGUNG,- Warga desa Ngepoh bersama dengan TNI yang saat ini melaksanakan pengerjaan pembangunan di pra TMMD 108 Kodim 0807/Tulungagung yang dilaksanakan di Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung merupakan salah satu bentuk darma bakti TNI kepada rakyat.

Oleh karena itu sebagai imbal balik ungkapan terimakasih warga kepada TNI dengan cara ikut serta membantu dan manunggal antara TNI dengan warga dalam mensukseskan TMMD 108 di desanya.

Bahkan, jika kita jeli dengan apa yang terjadi di pelaksanaan TMMD banyak hal-hal yang dapat kita ambil dari apa yang terjadi di tengah-tengah pelaksanaan TMMD ini. Seperti kaos yang dipakai Subandi ini membuat mata kita ingin tahu apa dari makna tulisan yang menempel di kaos tersebut.

“Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto,” ini yang menjadi kita merasa ingin tahu makna dan arti dari tulisan yang ada di kaos Subandi. Jika dituliskan dengan Bahasa Indonesia mungkin seperti ini Aman Tentram Mulia dan Tertata. Jadi dalam tulisan tersebut justru mengandung makna mendalam jika diartikan secara mendetail.

Merasa penasaran, wartawan yang meliput kegiatan pra TMMD, Jumat (26/6/20) ini merasa tergoda dan ingin tahu arti dan makna yang terkandung dalam tulisan kaos Subandi. Akhirnya dengan memberanikan diri wartawan menanyakannya.

“Jadi begini, makna dari tulisan yang ada di kaos yang saya pakai ini sudah jelas bahwa baik itu, Desa, kota, bangsa dan negara yang maju adalah bisa mencakup unsur unsur Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto. Jadi artinya begini suatu daerah akan maju jika masyarakatnya senang, tentram, mulia dan tertata. Seperti pelaksanaan TMMD 108 ini yang tujuannya menjadikan sebuah daerah yang senang, tenteram mulia dan tertata. Oleh karena itu sebagai bangsa yang besar kita justru harus merasa bangga karena masih memiliki adat ketimuran yang tinggia,” terangnya, Jumat (26/6/20).

Sementara itu Serda Jumadi membenarkan apa yang diungkapkan oleh Subandi bahwa siapapun dan daerah manapun yang menginginkan keberhasilan harus disertai rasa senang, tentram, mulia dan tertata. Maka dari itu denngan program TMMD 108 di wilayah Kodim 0807/Tulungagung yang dikerjakan di Desa Ngepoh ini merupakan wujud dalam mewujudkan impian warga dalam menuju Desa yang maju.(*)

 

DIBACA 376 kali

About pelitaekspres

Check Also

Prajurit Dan PNS Korem 042/Gapu Ikuti Pembekalan Dan Persiapan Pensiunan Oleh PT.ASABRI

(pelitaekspres.com) -JAMBI – Ratusan Prajurit dan PNS serta Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.