Home / Pemprov / Kunker ke Lamtim, Gubernur Dorong Sinergitas Provinsi  Bersama Kabupaten Dalam Pembangunan Daerah Lampung

Kunker ke Lamtim, Gubernur Dorong Sinergitas Provinsi  Bersama Kabupaten Dalam Pembangunan Daerah Lampung

(pelitaekspres.com) -LAMTIM — Kunjungan Kerja ke Kabupaten Lampung Timur, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi disambut hangat oleh Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Kepala Desa se-Lampung Timur,  serta segenap Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lampung Timur di Balai Desa Sribhawono, Lampung Timur, Selasa (27/12/2022).

Gubernur menyatakan bahwa kunjungannya ke Lampung Timur dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan evaluasi di akhir tahun 2022 untuk persiapan menyambut tahun 2023 dengan konsep program dan pembangunan yang lebih baik dan langsung menyentuh rakyat.

“Pada hari yang baik ini saya ingin menegaskan bahwa untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa,” tegas Gubernur.

Oleh karenanya, menurut Gubernur peningkatan kapasitas pemerintahan melalui reformasi birokrasi dan transformasi digital dengan pemanfaatan teknologi informasi (e-KPB) dan peningkatan kapasitas kelembagaan ASN, koordinasi, sinergi, partisipasi serta kontribusi antar jenjang pemerintahan, menjadi kunci keberhasilan bersama.

“Disisi tata kelola pemerintahan, Saya menginginkan untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada publik dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Sebagai pimpinan sudah semestinya harus bisa mempunyai inovasi di lingkungan eksternal organisasi untuk dapat memberi pengaruh kinerja organisasinya dengan baik,” ucap Gubernur

Pemimpin harus mampu bersaing dan membangun kompetensi, integritas dan loyalitas serta mampu mengevaluasi implementasi dan membuat penyesuaian secara strategis, serta menjadi komunikator yang efektif, untuk mencapai target dan sasaran yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Lampung Timur periode tahun 2021 – 2026.

“Saya berpesan ketika diberikan jabatan dan tugas, kuasai bidang tugas tersebut, kuasai, pahami dan selami semua permasalahannya, apalagi yang bersifat teknis, ketahui apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat,” lanjut Gubernur.

Lebih jauh, menurut Gubernur, ada 2 (dua) agenda yang akan disampaikan pada pertemuan ini. Agenda Pertama, terkait dengan capaian pembangunan tahun ini maupun tahun-tahun mendatang, dan Agenda yang kedua adalah tugas dan kewajiban kita bersama, untuk mengatasi sejumlah isu dan permasalahan pembangunan yang kita rasakan menghambat kemajuan daerah di Provinsi Lampung.

Agenda yang Pertama, yaitu berkaitan dengan Kinerja pembangunan pilar ekonomi telah menunjukan arah perbaikan, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung yang senantiasa positif pada kuartal I, II dan III tahun 2022, bahkan pernah mencatat angka pertumbuhan sebesar 9,12 persen (q to q) pada Triwulan II-2022; yang merupakan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

Kemudian pada agenda yang Kedua, untuk mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya menurut Gubernur, dibutuhkan kerja keras dan fondasi kokoh yang harus terus dipersiapkan.

“Perekonomian Lampung memerlukan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan, ditopang oleh sektor yang bernilai tambah tinggi. Perbaikan kualitas sumber daya manusia dan penyediaan infrastruktur yang handal harus terus ditingkatkan,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, Dalam RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024 telah dicantumkan Tujuan, Sasaran dan 33 Agenda Kerja. Dapat kita lihat beberapa contoh Program kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat, antara lain :

Smart Village, program ini merupakan peningkatan kapasitas aparatur desa untuk melayani masyakat serta pemberdayaan desa salah satunya melalui e-Samdes yang dikelola oleh BumDES.

Program Kartu Petani Berjaya (KPB) yang sudah diimplementasikan, diperlukan percepatan dilapangan melalui dukungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur beserta jajarannya agar program KPB sangat sejalan dengan harapan masyarakat untuk memperkuat bantalan jaring pengaman sosial.

Adapun program strategis Provinsi Lampung lainnya menurut Gubernur antara lain,  Meningkatkan daya saing Kopi, Kakao dan komoditas unggulan lainnya (jagung, singkong, udang) serta mewujudkan Lampung sebagai Lumbung Ternak Nasional melalui penerapan teknologi produksi, pengembangan industri hilir untuk meningkatkan nilai tambah masyarakat serta perluasan pasar dalam negeri.

Sementara itu Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo dalam sambutannya mengucapkan Selamat datang kepada Gubernur Lampung beserta jajaran di Kabupaten Lampung Timur Bumei Tuwah Bepadan.

“Semoga dengan kehadiran pak Gubernur membawa rejeki, barokah yang benar-benar diharapkan masyarakat Lampung Timur,” ucap Bupati

Pada kesempatan tersebut Bupati Lampung Timur juga menyampaikan berbagai potensi dan pemasalahan pembangunan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, oleh karenanya menurut Dawam, Kabupaten Lampung Timur masih memerlukan banyak dukungan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal pembangunan.

Kegiatan kunjungan kerja tersebut kemudian ditutup dengan pemberian Doorprize oleh Gubernur Lampung berupa dua buah sepeda kepada kepala desa dan tokoh masyarakat setempat. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

About admin adminku

Check Also

Resmi di Lantik Ahmad Usmarwi Kaffah Siap Membangun dan Memajukan Muara Enim

(pelitaekspres.com.com) -PALEMBANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru melantik H. Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM (Bham)., …

Tinggalkan Balasan