Home / Uncategorized / Komunikasi, Sarana Penunjang Keberhasilan Program TMMD Kodim Bantul
DINAS KOMINFO ASAHAN

Komunikasi, Sarana Penunjang Keberhasilan Program TMMD Kodim Bantul

(pelitaekspress.com) - BANTUL – Komunikasi salah satu hal penting dalam melaksanakan tugas seorang prajurit. Karena tu komunikasi menjadi penting tak hanya di medan perang, namunjuga saat gelaran program TMMD Kodim Bantul.

Mendukung komunikasi agar berjalan lancar, sebuah stasiun pemancar mini didirikan di Poskotis TMMD Reguler ke-108 guna menunjang kelancaran komunikasi tersebut.

Dalam militer prajurit yang bertugas mengatur jalur komunikasi disebut Penghubung atau dalam bahasa sandi sering dinamai Elang. Dalam misi TMMD Reguler ke-108 Kodim 0729 Bantul ini Tim Elang digawangi lima orang prajurit masing-masing Sertu Eling, Serda Jumiran, Kopral Purwoko dan Kopral Binarno serta PNS Tarman.

Dengan pemancar yang tersambung dengan frekuensi milik Kodim 0729 Bantul, Tim Elang ini selalu menginformasikan segala hal seputar TMMD Reguler ke-108 yang dipusatkan di Kelurahan Sumberagung Kecamatan Jetis.

Pesan suara tersebut nantinya akan diterima para perwira maupun penanggungjawab program melalui handy talky (HT) untuk kemudian diteruskan kepada prajurit.

"Jadi yang memberi perintah bukan kami, melainkan tetap komandan. Kami hanya meneruskan saja, sifatnya sebagai operator atau penghubung saja," ungkap Sertu Eling di Poskotis TMMD Reguler ke-108, Sabtu (04/07/2020).

Dikatakanya dalam kondisi tertentu bahkan Komandan maupun para perwira sering 'muncul ke udara' untuk menyampaikan perintah. Dalam kondisi ini Tim Elang sebagai 'operator' melakukan memediasi agar pesan maupun perintah tersebut sampai ke prajurit dengan baik.

"Kami juga malaporkan berbagai perkembangan yang ada. Jadi seluruh kegiatan yang telah dilakukan perhari kami pancarkan agar komandan mengetahui," jelasnya.

Dikatakannya walau perkembangan teknologi telah maju, namun peran Elang tetap tak tergantikan dalam dunia militer. Dari Penghubunglah komunikasi akan terbangun dan misi yang dituju akan tercapai, termasuk program TMMD Kodim Bantul ini. (Pendim Bantul)