Home / POLITIK / KECEPOL Gali Partisipasi Politik Masyarakat Lewat FGD

KECEPOL Gali Partisipasi Politik Masyarakat Lewat FGD

(pelitaekspres.com) –PAGARALAM- Dalam rangka peningkatan serta partisipasi politik masyarakat, Keluarga Cerdas Politik (KECEPOL)  menggelar sosialisasi politik dengan sasaran pemilih pemula (kalangan pelajar dan mahasiswa) Senin (19/12) di Hotel Dharma Karya. Pada Forum Group Diskusi (FGD)  ini menghadirkan pembicara Dr. Tarech Rasyid M.Si dan Alfarenzi Panggarbesi.

Dikatakan Tarech Rasyid berserikat dan berkumpul merupakan hak azazi dalam mengemukakan pendapat dan atau fikiran. Namun terkadang disalah-artikan, sehingga perlu gerakan yang biasa disebut aksi atau demo,”urainya. Tujuan aksi ini tak lain menciptakan perubahan dalam dunia demokrasi. Dikatakan Tarech Rasyid, Demo ada dua sesuai dengan kondisi yakni Kekerasan dan Damai. Kekerasan memang bertentangan dengan demokrasi tetapi diperbolehkann karena kondisin yang menghendaki .

“Sebagai contoh, RUKHP sudah disahkan akan tetapi masih dalam proses perubahan,”jelas Rasyid.

Sementara Alfarenzi Panggarbesi menambahkan, politik itu baik dan tidak kotor. Kotornya politik karena oknumnya, kalau politik itu baik,”terangnya.

Karenanya kita harus belajar dan belajar sehingga wawasan dan pengetahuan politik kita bertambah dan luas,”imbuhnya.

“Urusan harga cabe, gula, bayaran sekolah, harga seragam sekolah itu termasuk urusan politik. Karenanya rugi bila kita tidak mau berpolitik”,jelasnya.

Karena dinilai kesadaran dan pengetahuan politik dari masyarakat merupakan kunci penting dari adanya partisipasi politik. Hal ini mengisyaratkan, esensi dan artisiasi politik dalam berlangsungnya demokrasi sangat dipengaruhi dari sejauh mana kesadaran dan pengetahuan politik masyarakat.(Rep)

About admin adminku

Check Also

Usai Dilantik, Tugas Berat Menanti PPS

(pelitaekspres.com) –PAGAR ALAM- Sebanyak 105 orang yang berasal dari 35 Kelurahan se Kota Pagar Alam …

Tinggalkan Balasan