Home / DAERAH / Kakam Bumi Rahayu Ajak Warga Gotong Royong Timbun Jalan Berlubang
DINAS KOMINFO ASAHAN

Kakam Bumi Rahayu Ajak Warga Gotong Royong Timbun Jalan Berlubang

(pelitaekspress.com)-LAMPUNG TENGAH -Prihatin dengan kondisi ruas jalan Kabupaten yang rusak, membuat Kepala Kampung (Kakam) Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Asrak Darmawan mengajak masyarakat di Dusun II timbun Jalan berlubang secara gotong royong menutup jalan menggunakan material tanah sabes.

"Kerusakan jalan makin parah, apalagi saat turun hujan. Untuk itu, kami bersama masyarakat setempat secara gotong royong menimbun jalan yang berlubang," kata Asrak Darmawan kepada  Media ini, Jumat (26/6/2020).

Asrak Darmawan mengaku, tidak ada maksud apa-apa terkait penimbunan badan jalan sepanjang dua kilo yang dilakukan secara swadaya tersebut. Melainkan sebagai bentuk kepedulian warga terhadap para pengguna jalan yang selama ini merasa terganggu dengan kondisi jalan tersebut.

“Saya bersama warga disini prihatin, karena kondisi jalan semakin parah, makanya mereka berinsiatif untuk melakukan upaya perbaikan jalan berlubang,” ungkapnya.

Menurutnya, kerusakan jalan di Dusun II Kampung Bumi Rahayu sepanjang 2000 meter itu memang sudah terjadi sejak lama. Penimbunan jalan berlubang hasil dari uluran tangan swadaya masyarakat dan donatur.

Jalan ini sudah tidak layak digunakan, dan sangat membahayakan pengendara yang melintas. Akses jalan ini juga cukup vital, karena merupakan urat nadi perekonomian warga," ujarnya.

Lebih lanjut Asrak Darmawan menambahkan, selain digunakan petani untuk mengeluarkan hasil bumi, jalan ini juga sehari-harinya dilalui oleh anak sekolah dasar yang hendak menuju SDN Bumi Rahayu. Dengan kondisi jalan yang seperti ini, membuat warga setempat prihatin, karena setiap kali diguyur hujan kondisi jalan yang becek acap kali menyebabkan pakaian siswa jadi kotor.

“Mudah-mudahan setelah diperbaikinya jalan ini, akses warga bisa lebih lancar. Dan kami juga tentunya berharap, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah dapat merealisasikan dan mengupayakan pengaspalan jalan, karena perbaikan jalan ini hanya bersipat sementara,” pungkasnya. (Pur)