(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Kejuaraan Invitasi Renang Lampung Antar Perkumpulan dan Fun Swimming se- Sumatera Piala Gubernur Lampung Tahun 2024 di Kolam Renang Pahoman Bandar Lampung, Jumat (1/3/2024).

Arinal mengatakan kegiatan ini memberikan kontribusi positif untuk tumbuh kembang prestasi olahraga renang Lampung Berjaya.

Menurutnya, kejuaraan ini sebagai bentuk pembinaan dan wadah peningkatan prestasi atlet renang untuk menghadirkan bibit perenang-perenang baru.

“Saya sangat bangga melihat antusiasme yang begitu besar dari para peserta yang hadir pada acara ini. Ini menandakan komitmen untuk terus mengembangkan dan memajukan olahraga renang,” ujar Arinal.

Arinal menuturkan dengan semangat kompetisi yang ditunjukkan para peserta, membuktikan ketangguhan, keberanian, dan ketekunan yang luar biasa dalam mengejar impian dan meraih prestasi tertinggi.

“Raih prestasi dengan perjuangan yang tinggi demi berjayanya olahraga Lampung. Semoga kejuaraan ini dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan, keterampilan bertanding, serta menguatkan mental bertanding atlet, sehingga menorehkan banyak prestasi di kancah nasional bahkan internasional,” katanya.

Arinal yang juga Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung mengajak semua untuk mendukung dan mensukseskan

pembangunan Sport Center Lampung.

Sport Center ini berada dilahan seluas 170 hektare yang berlokasi di dekat Exit Tol Kota Baru dengan memiliki berbagai fasilitas dan sarana prasarana olahraga termasuk renang.

“Tata ruangnya sudah disiapkan, dan salah satunya adalah untuk renang prestasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Akuatik Indonesia Lampung Ade Utami Ibnu menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Lampung dan jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini.

“Event ini memang selalu dibutuhkan oleh kami, terlebih bagi atlet-atlet dan para pelatih untuk bisa mengevaluasi hasil dari latihan kami selama ini. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap tahunnya,” ujar Ade.

Ade juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Lampung yang terus memberikan perhatian terhadap kemajuan olahraga Lampung termasuk renang.

“Dan mudah-mudahan ditangan beliau mimpi kita memiliki kolam prestasi untuk atlet-atlet Lampung bisa terwujud dengan segera,” katanya.

Ia menyebutkan pihaknya telah menyusun roadmap prestasi untuk PON 2024, 2028 dan 2032.

Untuk PON 2024, Akuatik Indonesia Lampung mengirimkan tiga atlet yakni Eto-o Arsitiko Lody Ismail, Farouq Ibnu Sina dan Dzahabi Falah Abdillah.

“Mudah-mudahan tiga atlet ini akan berpestasi bukan hanya di level Provinsi tatapi nasional dan juga internasional. Kami yakin Insha Allah akuatik Lampung bisa menjadi lumbung medali di masa yang akan datang,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda mengatakan kegiatan ini selain dalam rangka meningkatkan pengembangan olahraga renang di Lampung, juga sebagai ajang seleksi tim renang Provinsi Lampung untuk Festival Akuatik Indonesia 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 1-3 Maret 2024 dengan total peserta berjumlah 1.375 orang.

“Peserta terdiri dari umum dan pelajar dari sekolah PAUD, SD, SMP, SMA dan perkumpulan renang se- Sumatera,” ujar Descatama.

Dalam acara itu, Gubernur Arinal berkesempatan menyapa para peserta dari setiap kontingen Provinsi se- Sumatera dan juga mengalungkan medali serta menyerahkan sertifikat kepada Juara 400m Putra

Hadir pada kesempatan ini, diantaranya Wakapolda Lampung Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Ketua Harian KONI Lampung Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi dan para anggota Forkopimda.(Redm)