Home / Komando / Babinsa Kodim 0619/Purwakarta Ajak Dan Ingatkan Warga Binaan Tetap Jaga Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

Babinsa Kodim 0619/Purwakarta Ajak Dan Ingatkan Warga Binaan Tetap Jaga Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Memasuki musim pancaroba, Babinsa Jatiluhur Koramil 05/Jatiluhur Kodim 0619/Purwakarta, Serka Iwan Ruswanda melakukan Komunikasi sosial (Komsos) dengan mengajak warga agar  menjaga kesehatan dan tetap selalu menjaga kebersihan lingkungan. Komsos tersebut dilaksanakan di wilayah kampung Neglasari RT 10/02 Desa Jatiluhur Kecamatan Jatiluhur Purwakarta. Rabu (28/09/2022).

Selain mengajak tetap menjaga kesehatan, dalam komsosnya kali ini, Babinsa juga mengingatkan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, mengingat saat ini memasuki musim pancaroba.

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 05/Jatiluhur Kapten INF Budi Hari menjelaskan bahwa, komsos yang dilakukan anggotanya tersebut guna mencapai tugas pokok dalam pemberdayaan wilayah pertahanan bersama seluruh komponen masyarakat yang berada di wilayah desa binaan.

Dijelaskannya, melalui komunikasi sosial, seorang Babinsa akan memperoleh informasi yang berkembang di tengah masyarakat, sehingga dapat mengambil langkah penyelesaian bersama stakeholder terkait di lingkup desa.

Selain itu, seorang Babinsa harus bisa menjadi contoh bagi warga desa binaannya.

“Itulah tugas Babinsa, harus bisa menjadi motor penggerak di tengah masyarakat guna mencapai masyarakat yang aman, sejahtera, sehat dan kondusif,” kata Danramil.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan kedekatan antara Babinsa dengan masyarakat dalam menjaga wilayah teritorialnya agar tetap aman dan kondusif, serta cerminan dari kepedulian sebagai seorang aparat komando kewilayahan kepada masyarakat.

Dengan demikian, kemanunggalan antara TNI dan rakyat tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

“Dengan Komsos, Babinsa bisa lebih dekat dengan masyarakat. Ibarat ada rumput bergoyang, seorang Babinsa harus tahu. Itulah fungsi seorang Babinsa di tengah masyarakat. Tahu keluh kesah, kesulitan dan kejadian apa yang terjadi di tengah masyarakat, sehingga nantinya Babinsa dapat memberikan saran, pesan dan dukungan serta dapat menyambungkan dengan stakeholder yang lain terkait penyelesaian masalah yang sedang terjadi di tengah masyarakat,” pungkas Danramil. (DR)

 

About admin adminku

Check Also

Guna Pengawasan Dan Pengamanan Di Lingkungan SPN, Bid TIK Menggelar Sebanyak 18 Titik CCTV

(pelitaekspres.com) – PALEMBANG – Keberadaan CCTV saat ini memang bisa di katakan sangat menguntungkan bagi …

Tinggalkan Balasan