(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Assda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rahmat Heriansyah S.Sos., M.Si menghadiri upacara penutupan sekaligus peresmian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun Anggaran 2024, Kodim 0619/Purwakarta di wilayah Desa Gurudug Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta. Pada Jum’at 7 Juni 2024.

“Pada kesempatan ini, Irdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Gunawan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa TMMD dilaksanakan untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Daerah pedesaan seringkali mengalami keterbatasan akses terhadap infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan layanan publik lainnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa sinergitas, partisipasi aktif dan kerjasama yang baik antara TNI, Polri beserta Pemerintah Daerah sangat diperlukan bagi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan yang menghubungkan daerah terisolir di Kabupaten Purwakarta, menyediakan air bersih, memfasilitas layanan pendidikan dan kesehatan.

“Hal ini diwujudkan dalam program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), sehingga peran kemanunggalan TNI dengan masyarakat dapat terus terjalin dengan baik,” terangnya.

Menurutnya, setelah melaksanakan upacara, Forkopimda Kabupaten Purwakarta beserta rombongan pimpinan menghampiri setiap stand bazar dari produk UMKM yang ada di sekitar lokasi.

Selanjutnya, meresmikan dan melakukan peninjauan pembangunan sarana air bersih dengan memanfaatkan mata air di lokasi sekitar.

“Semoga program kegiatan TMMD ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan khususnya di Desa Gurudug Kecamatan Pondoksalam, sehingga mereka dapat memanfaatkan akses jalan yang baik, air yang bersih, fasilitas pendidikan dan kesehatan yang mencukupi,” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Irdam III Siliwangi, Dandim 0619/PWK, Danyon Armed 9/Pasopati beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta, Assda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pimpinan Perusahaan BUMN dan BUMD, Kepala DPMD beserta Kepala Perangkat Daerah, Camat Pondoksalam beserta Camat Se-Kabupaten Purwakrta, Kepala Desa se-Kecamatan Pondoksalam, satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024 dan Anggota Polri. (DR)

Tinggalkan Balasan