Jumat , Mei 7 2021
Home / POLITIK / Wakil Ketua II DPRD Yapen Fredolin, Minta Warga Yapen Dukung Program Pemasangan Tower BTS

Wakil Ketua II DPRD Yapen Fredolin, Minta Warga Yapen Dukung Program Pemasangan Tower BTS

(pelitaekspres.com) -KEP. YAPEN – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen Fredolin Warkawani yang diminta tanggapan terkait pemasangan BTS dalam mendukung Kampung berbasis system elektronik menyatakan bahwa patut kita berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui pemasangan 115 layanan Base Transceiver Stasion (BTS) didaerah tertinggal, terdepan dan terluar, ungkapnya pekan lalu di Serui,

Pemasangan system jaringan internet ini akan membantu kita di Yapen untuk mendukung program pemerintah, sosial kemasyarakatan dengan kemudahan akses informasi kepada masyarakat dikampung maupun distrik.

Terkait sosialisasi pemasangan system jaringan internet yang mendukung Kampung berbasis sisem elektronik ini, kami berharap dengan program pemerintah pusat ini bisa didukung oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dukungan yang sama juga kita harapkan bisa maksimal dari Dinas terkait terutama dinas Kominfo Yapen, para Kepala-kepala Distrik, para Kepala-kepala Kampung seluruh Yapen, bahkan Dinas terkait lainnya seperti DPMPTSP, dan BPMK ungkapnya.

Hal-hal teknis terkait kelancaran pemasangan dilapangan menjadi tanggungjawab Dinas Infokom dan KemenKominfo guna persiapan pemasangan dilapangan.

Yang menjadi tugas dari dewan adalah pengawasan dan penganggaran. Kami di dewan diminta untuk membantu biaya/ penganggaran operasional maupun survey yang akan dilakukan. Dengan permintaan ini kami harus respon untuk komunikasikan dan membeikan dukungan dengan maksud mendukung semua program/ kegiatan yang hari ini jalan.

Kita apresiasi program pemasagan jaringan internet ini karena akan membantu kebutuhan masyarakat diantara pelayanan pemerintah tingkat kampung, pendidikan, kesehatan dan informasi pembangunan lainnya, itulah harapan kita kedepan ungkap Waket 2 DPRD Yapen.

Senator asal Partai Hanura ini, mengajak masyarakat guna memberikan dukungan terkait dengan hak ulayat lokasi pemasangan tower itu. Kita berharap masyarakat memberikan dukungan karena ada semacam hibah guna pembanguna tower tersebut.

Karena apa, pemasangan tower ini menjadi sarana yang penting, untuk itu dukungan masyarakat dari oleh dan untuk kita karena ini kebutuhan bersama. Kita berharap dukungan ini menjadi kunci sukses kelancaran pemasangan 115 BTS di 16 Distrik, 160 Kampung serta 5 Kelurahan se Kepulauan Yapen bisa terlaksana dengan baik, harapnya.

Kepada media, selaku Project Manager Pemasangan BTS di Kepulauan Yapen Ricky mewakili Provaider menyampaikan bahwa Bakti Kominfo yang menang tender pemasangan BTS di Kepulauan Yapen, “seluruh Yapen kita akan pasang 100 tower BTS dari total 115 BTS yang akan dipasang. 15 BTS akan dipasang oleh provaider lain yang telah menang tender”.

Kominfo telah menunjuk Bakti Kominfo yang telah lulus seleksi tender, Bakti Kominfo sudah membangun 1200 tower BTS seluruh Indonesia. Untuk kedepan program Bakti Kominfo akan pasang tower BTS sebanyak 12.000 diseluruh Indonesia dari Aceh hingga ke Papua, terangnya.

Tahun 2021 ini, program BTS akan dipasang dengan menggunakan dana Uso, APBN, dan Penerimaan Negara bukan pajak. Dana Uso adalah dana untuk CSR yang diberikan dari pengembalian dana CSR dari keuntungan provider seluruh Indonesia.

Pekerjaan di Yapen ada 3 tahapan besar yaitu survey, Seat Up, dan Penerbitan IMB sebelum pembangunan tower dilakukan. Terkait survey ada saja dengan kondisi dilapangan dari respon masyarakat, untuk itu kami mohon dukungan semua pihak harapnya.

Tower yang dipasang oleh kita ada tower kecil yang dinamakan Gaimas, yaitu menggunakan perangkat V-Sat dan BTS. Untuk tower kecil (Gaimas) ini di Yapen akan dipasang 14 tower untuk tahun 2021 dan 32 tower lagi di tahun 2022.

Terkait tower kecil (Gaimas) kita bebas memasang di Kampung dimana saja titik lokasi yang ditunjuk untuk pemasangan. Lokasi pemasangan tower kecil ini disesuaikan dengan lokasi/lahan yang akan dihibahkan oleh warga Kampung karena tidak terkait dengan jaringan poin to poin.

Yang kedua kita akan bangun 54 tower besar di Yapen ini, titik lokasi pemasangan tidak boleh jauh dari yang sudah kami buat karena terkait jaringan poin to poin tergantung dari palapa ringnya (Fiber optic). (ed.zri).

DIBACA 23 kali

About admin adminku

Check Also

Yansen Mulia Jabat Plt. Sekwan DPRD Lampung Selatan

(pelitaekspres.com)-KALIANDA- Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampung Selatan Yansen Mulia,  akhirnya resmi menjabat sebagai Plt Sekretaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *