(pelitaekspres.com) – NATAR – Saat menggati oli motor, sering kali mekanik menyemprot lubang pengisian pakai angin kompresor. Hal ini bertujuan supaya sisa oli di bak karter kopling keluar semua, termasuk kerak dan kotoran. Dengan begitu, oli yang masuk ke mesin benar-benar baru. Usu punya usur cara ini tidak tepat. Sebab, angin dari kompresor mengandung uap air yang akan menempel dan memiliki dampak buruk buat mesin.

Mulyadi, Kepala Bengkel Ahass Astra Motor Natar mengatakan, apabila cara ini dibiarkan terus-menerus malah bisa berakibat fatal bagi mesin kendaraan bermotor. “Sisa oli di dalam mesin ini sebenarnya cuma beberapa,” katanya.

“Tapi jika tetap ingin mengeluarkannya, bisa diakali dengan menggunakan kick starter. Tentu posisikan kunci kontak dalam posisi off,” katanya.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup gunakan kick starter 3-5 kali, dan ulangi langkah ini setelah motor didiamkan selama 10 menit. Setelah cara ini dilakukan, biasanya oli yang keluar hanya sedikit, karena memang sisa oli kotornya tinggal sedikit. Hubungi kami untuk info service di 0721 92661 atau 081271830826. (*)

Tinggalkan Balasan