Home / Pemprov / Wagub Serahkan Penghargaan SAKIP Award kepada 5 OPD Terbaik di Lingkungan Pemprov Lampung

Wagub Serahkan Penghargaan SAKIP Award kepada 5 OPD Terbaik di Lingkungan Pemprov Lampung

(pelitaekspres.com) –BANDAR LAMPUNG — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyerahkan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award kepada 5 OPD terbaik di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung di Hotel Novotel, Kamis (29/12/2022).

Kelima OPD tersebut mendapat predikat Sangat Baik (BB). Mereka adalah Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi dengan nilai 77,40 (BB), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan nilai 74,25 (BB), Dinas Kesehatan 74,15 (BB), Rumah Sakit Jiwa 73,10 (BB) dan Dinas Tenaga Kerja 73 (BB).

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SAKIP Provinsi Lampung tahun 2022 oleh evaluator internal yaitu Inspektorat Provinsi Lampung.

Wagub Nunik mengucapkan selamat kepada OPD yang mendapat penghargaan tersebut dan berharap menjadi motivasi kinerja pimpinan perangkat daerah dalam rangka peningkatan kualitas SAKIP Provinsi Lampung sesuai dengan misi kedua yaitu mewujudkan good governance untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik.

Sebagai Informasi dalam penilaian SAKIP tahun 2021, Provinsi Lampung sendiri memperoleh predikat Baik (B) dengan nilai 66,88.

Nilai tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya namun tidak secara signifikan dan masih memerlukan poin 3,12 untuk memperoleh predikat Sangat Baik (BB).

Wagub Nunik megatakan Pemerintah Provinsi Lampung secara nasional termasuk kedalam Provinsi yang berprestasi tertinggi dalam capaian atau serapan anggaran.

“Terbukti dari banyaknya target-target yang tercapai sampai dengan target serapannya juga tercapai,” ujarnya.

Ia berharap semoga hasil tersebut menjadi pemicu semangat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi kedepannya.

Pada kesempatan itu juga, guna mendukung predikat Sangat Baik, Pemerintah Provinsi Lampung melakukan soft launching e-SAKIP terintegrasi Pemerintah Provinsi Lampung.

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki 4 komponen yaitu perencanaan, pengukuran kinerja, laporan kinerja dan evaluasi akuntabilitas kinerja internal dan mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, kinerja dan penilaian individu.

Wagub Nunik berpesan kepada pimpinan perangkat daerah agar terus meningkatkan manajemen kinerja dengan mengutamakan efisiensi anggaran dalam mencapai kinerja organisasi dalam mewujudkan Visi Rakyat Lampung Berjaya.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Lampung Lukman mengatakan acara ini dilaksakan dalam rangka memberikan motivasi kepada pimpinan perangkat daerah untuk meningkatkan manajemen kinerja perangkat daerah dalam mencapai target dan tujuan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Sehingga visi Gubernur Lampung dan Wakil Gubernur Lampung yaitu Rakyat Lampung Berjaya dapat terwujud,” ujarnya

Ia berharap acara ini dapat meningkatkan nilai SAKIP Pemerintah Provinsi Lampung melalui penerapan reward and punishment atas kinerja perangkat daerah serta menciptakan budaya dan manajemen kinerja yang mengutamakan efisiensi anggaran untuk mencapai target kinerja perangkat daerah.(Adpim)

About admin adminku

Check Also

Pemprov Lampung Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Yang Dipimpin Menteri Dalam Negeri

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG — Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang …

Tinggalkan Balasan