(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- UPT Perpustakaan Universitas Lampung ( Unila ) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unila menggelar workshop bertajuk “Empowering Quality Research Paper Menggunakan Elsevier’s ScienceDirect” secara virtual melalui zoom meeting, Kamis, 25 Januari 2024.

Kepala UPT Perpustakaan Dr.Eng. Ir. Khairudin, ST, M.Sc., dalam berbagai penyampaiannya, webinar ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan ScienceDirect secara efektif.

Diperkirakan, keluaran penelitian UPT Perpustakaan Unila tidak sekadar memenuhi, tetapi lebih dari itu melampaui standar kualitas yang tinggi. “Target kita tentu minimal Q-2 di Scopus atau S-2 di Sinta,” ujarnya.

Elsevier’s ScienceDirect yang produknya sudah diberdayakan mulai tahun ini merupakan salah satu penopang utama dalam ranah komunikasi ilmiah. Menyediakan beragam sumber literasi berkualitas bagi peneliti dan ilmuan di seluruh dunia.

Selanjutnya Ketua LPPM Unila Dr. Habibullah Jimad, SE, M.Si., menyampaikan, investasi besar yang dikeluarkan Unila untuk meningkatkan kualitas penelitian, termasuk dalam IKU 5 di mana setiap dosen bisa menghasilkan publikasi baik nasional maupun internasional.

2.650 artikel dan selama tiga tahun terakhir, IKU 5 selalu mencapai nilai standar. Jumlah pendanaan penelitian Unila berjumlah sebesar Rp43 miliar dengan 931 judul penelitian ini menghasilkan artikel publikasi berkualitas.

Habibullah Jimad juga mengingatkan, Unila akan menjadi universitas kelas dunia yang dinilai dari salah satu indikator yakni lulusan bisa diterima di dunia kerja dan reputasi akademik diakui dunia, dengan terus berprestasi dan menjaga konsistensi.

“Hanya 47 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk kluster mandiri di mana Unila sudah termasuk di dalamnya. Harapannya, kepada pemateri Johan Jang dapat memberikan kiat-kiatnya agar dapat meningkatkan reputasi akademik melalui publikasi berkualitas,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.Eng. Suripto Dwi Yuwono, MT, menjadi pemateri sekaligus membuka kegiatan yang diikuti peserta sebanyak 400-an orang ini.

Materi yang disampaikan yaitu E mpowering Quality Research Paper u sing Elsevier’s Science Direct . Strategi peningkatan penelitian dan publikasi ilmiah dosen yaitu dengan mengadakan pelatihan dan lokakarya , mengalokasikan dana penelitian dan pengabdian, memberikan fasilitas jurnal masyarakat, memberikan insentif untuk publikasi ilmiah, dan membentuk forum ilmiah dosen.

Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri spesialis dari Elsevier Asia Pasifik, Dr. Johan Jang, sebagai  Costumer Consultant yang memiliki pengalaman luas dalam mendukung komunitas penelitian.

Pemateri menguraikan strategi dan praktik terbaik untuk meningkatkan kualitas makalah penelitian , termasuk cara efektif menggunakan ScienceDirect dalam proses penelitian.

Johan Jang membagikan studi kasus dan contoh praktis yang mengilustrasikan bagaimana penggunaan ScienceDirect yang optimal dapat mendukung penulisan makalah penelitian berkualitas.

Peserta webinar sangat antusias dan memberikan umpan balik positif terkait keberhasilan acara ini dalam memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan Elsevier’s ScienceDirect .

Keberhasilan webinar ini menunjukkan minat tinggi dalam upaya meningkatkan keterampilan penelitian di kalangan akademisi dan peneliti. Kegiatan seperti ini terus memperkuat peran perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan sumber daya penting bagi komunitas akademis.(Rls)