(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) melakukan pertemuan daring melalui zoom meeting dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Rabu, 24 Januari 2024. Pertemuan virtual ini bertujuan untuk melakukan rapat koordinasi terkait kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pusdatin Perpusnas RI Dr. Taufik Abdul Ghani, S.Kom., M.Eng.,Sc., menyampaikan, rapat koordinasi ini menjadi kesempatan emas untuk menyatukan visi dan langkah-langkah strategis dalam menjalankan KPDI.

Ada beberapa poin utama yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu tahap persiapan kontrak kerja sama, pembahasan agenda, teknis pelaksanaan acara, promosi. dan registrasi.

Kerja sama ini tidak hanya mencakup persiapan teknis, tetapi juga melibatkan pertukaran ide dan pengalaman guna memastikan konferensi perpustakaan digital Indonesia menjadi ajang bermanfaat dan inspiratif bagi seluruh peserta.

“Harapannya, mari bersama-sama berkolaborasi, berbagi ide, dan menyatukan upaya untuk membuat KPDI tahun ini sukses dan bermanfaat bagi semua pihak,” ujarnya.

Kepala UPT Perpustakaan Dr.Eng. Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., menyampaikan antusiasme atas kolaborasi ini. Konferensi perpustakaan digital Indonesia menjadi platform penting untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan terobosan dalam pengembangan perpustakaan di era digital.

“Kolaborasi Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI) dan Unila ini akan memperkuat dan memperkaya konferensi tersebut,” ujarnya.

Diharapkan, KPDI tahun ini dapat menjadi tonggak penting dalam pengembangan perpustakaan digital di Indonesia. Kehadiran dosen dan peneliti serta mahasiswa pascasarjana mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas riset dan memajukan keunggulan akademis di lingkungan institusi.

Peserta eksternal juga akan turut berkontribusi dalam kegiatan ini, termasuk dari Politeknik Sriwijaya, BRIN, UB, UGM, Unsri, UPN, dan beberapa kampus lain.(Rls)

 

Tinggalkan Balasan