(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- UPT Bahasa Universitas Lampung (Unila) mengadakan kelas bahasa Inggris Duolingo untuk mahasiswa tingkat diploma (D-3) dan mahasiswa tingkat sarjana (S-1). Kelas Duolingo ini dilaksanakan secara offline di Gedung UPT Bahasa Unila lantai dua.

Kegiatan kelas Duolingo menjadi agenda tahunan UPT Bahasa, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan kemampuan menulis (writing) dalam bahasa Inggris, sekaligus meningkatkan vocabulary dan grammar.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris mahasiswa Unila serta mendukung indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi negeri (PTN). Meningkatnya IKU pada PTN dapat mendorong kualitas lulusan pendidikan tinggi sekaligus meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran.

Selain itu, kelas Duolingo dapat menjadi sarana dalam mendukung program beasiswa Indonesian International Student Mobility Award atau lebih dikenal dengan sebutan IISMA dari LPDP dan Kemendikbudristek.

Riris Harwiyati, S.Pd., M.Pd., selaku salah satu tutor bahasa Inggris menceritakan beberapa proses dan rangkaian pembelajaran pada kelas Duolingo. Ia juga mencoba untuk menyesuaikan kemampuan mahasiswa pada setiap materi yang diberikan.

“Untuk program kelas Duolingo ini dilaksanakan selama 15 pertemuan, di mana setiap pekan ada lima pertemuan, jadi ada tiga pekan. Kalau dari kami materinya dimulai dari basic, sembari kami para tutor menyesuaikan pembelajarannya,” ungkap Riris.

Kursus ini akan diselenggarakan pada 22 Januari – 13 Februari 2024. Kelas ini dilaksanakan setiap Senin hingga Jumat sebanyak 15 pertemuan. Informasi mengenai jadwal kelas Duolingo sendiri akan dibagikan melalui grup chat WhatsApp.

Kelas bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan sekaligus rasa percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, pelatihan bahasa Inggris ini juga dapat mengembangkan cara berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan kerja sama tim antarmahasiswa di lingkungan Unila.

Kegiatan akan terbagi menjadi sepuluh kelas, dimulai dari kelas Duolingo A hingga kelas Duolingo E yang berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB, dilanjutkan dengan kelas Duolingo F hingga kelas Duolingo J pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Salah satu hal menarik dari kursus ini ialah pengajar yang membimbing mahasiswa merupakan para alumni Unila dengan pengalaman luas dalam bahasa Inggris serta telah teruji berkemampuan bahasa Inggris. Hal tersebut diharapkan dapat memberi inspirasi sekaligus motivasi bagi para peserta yang mengikuti kelas bahasa Inggris.

Selain itu, salah satu mahasiswa Unila berbagi kesan dan pesan mengenai proses pembelajaran pada kelas Duolingo ini.

“Karena sekarang lagi libur, jadi nggak ke mana-mana. Terlebih aku juga tinggal di Bandar Lampung, jadi pengin memanfaatkan kesempatan liburan ini dengan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bahasa Inggris. Selama mengikuti kelas ini, rasanya seru dan asik. Teman-teman di kelas juga aktif untuk mengikuti kelasnya. Jadi selain dapat pengetahuan, aku bisa dapat relasi baru,” ungkap Jesica, salah satu mahasiswa Manajemen FEB Unila yang mengikuti kelas Bahasa Inggris Duolingo.

Dengan kapasitas total mencapai 240 orang, setiap fakultas dapat mengirimkan 30 mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kursus ini. Pendaftaran kelas Duolingo ini tidak dikenakan biaya, namun para calon peserta diharuskan melampirkan beberapa persayaratan seperti surat tugas dari dekan yang sudah di scan pdf, transkrip akademik terakhir, dan sertifikat Duolingo pretest (uji coba) dengan minimal skor 55-100.

Kursus Duolingo ini menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa Unila untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta terwujudnya pencapaian beasiswa IISMA 2024.(Rls)