Home / Komando / Tugas di TMMD Reguler, Babinsa Ini Serap Ilmu Bonsai Cikal Kelapa

Tugas di TMMD Reguler, Babinsa Ini Serap Ilmu Bonsai Cikal Kelapa

(pelitaekspress.com) – BANYUMAS – Adalah Serma Fatkhurrohman, Babinsa Pancurendang, Koramil 13 Ajibarang, yang ditugaskan satuan induknya yaitu Kodim 0701 Banyumas, untuk membantu publikasi kegiatan TMMD Reguler 108 Banyumas di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tampak dirinya dirinya menggali informasi terkait cara pembuatan tanaman bonsai dari cikal atau bibit kelapa, kepada warga setempat. Kamis (25/6/2020).

Sambil menyelam sambil minum air. Itulah tujuan dari Fatkhurrohman, yaitu sambil melakukan tugasnya juga sambil belajar tentang budidaya bonsai tersebut.

“Kebetulan di Petahunan ada salah satu warga yang membudidayakan tanaman bonsai dari cikal, sehingga saya manfaatkan untuk belajar yang nantinya dapat menjadi oleh-oleh saat selesai tugas di TMMD,” ujarnya.

Menurutnya, umumnya bahan dasar dari tanaman yang dikerdilkan di dalam pot ini adalah serut, asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji.

Ia juga mempelajari teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman untuk membentuk dahan, daun, batang, serta pot dangkal yang menjadi wadah cikal, agar nantinya tercipta keindahan bentuk secara keseluruhan tanaman.

Selain itu ia juga belajar teknik pengawatan serta memangkas akar tunggang sehingga akar serabutnya menyebar di atas batu.

“Ternyata kawat harus sudah diambil sebelum menggores kulit ranting pohon,” tandasnya.

Fatkhurrohman mengaku, tidak ada target dalam mempelajari ilmu bonsai dari bibit kelapa itu, hanya sekedar memperoleh tambahan ilmu yang barangkali suatu saat dapat mendatangkan rejeki. (Aan)

DIBACA 602 kali

About pelitaekspres

Check Also

18 PNS Di Lingkungan Polda Sumsel Mendapatkan Kenaikan Pangkat Golongan III Dan IV

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Polri mendapatkan kenaikan pangkat periode 1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.