Home / Pemkot / Tokoh Pembangunan Pagaralam Djazuli Kuris Diabadikan Jadi Nama Jalan

Tokoh Pembangunan Pagaralam Djazuli Kuris Diabadikan Jadi Nama Jalan

(pelitaekspres.com) –PAGARALAM- Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH, mengatakan, akan segera merealisasikan pembuatan nama jalan untuk tokoh Pembangunan Kota Pagaralam, H Djazuli Kuris menjadi nama salah satu jalan di kawasan Gunung Gare.

Menurut Alpian, penamaan jalan tersebut merupakan bagian dari penghargaan atas jasa-jasa Djazili Kuris yang sudah merancang  pembangunan di Kota Pagaralam, untuk jangka waktu kedepannya.

“Kita lagi  proses pembuatan nama jalan Djazuli Kuris di kawasan Gunung Gare, biar tau cerita dan sejarahnya,” ungkap dia.

Dia mengatakan, Insyaallah pembuatan nama jalan salah satu orang yang memiliki peran penting dalam memajukan dan menata pembanguan kota Pagaralam untuk kedepanya segera direalisasikan.

“Saya akan ganti jalan Laskar Wanita Mentarjo dengan Djazuli Kuris, biar jelas sejarahnya, karena pemberian nama jalan perlu tau cerita tokoh tersebut dan apa jasanya terhadap Kota Pagaralam,” urainya.

Alpian mengatakan, memang ada usulan menginginkan nama tokoh asli Pagaralam, dijadikan nama jalan. Mengingat ada nama jalan tapi tidak ada tau apa maksudnya dan jalan ceritanya bagi Pagaralam.

“Jadi, memang ada keinginan dari  pemerintah Kota Pagaralam agar ada nama  tokoh kita di salah satu jalan lokasi perkantoran,” ujar dia.

Terkait nama lokasi jalan yang diberi nama  H Djazuli Kuria, Alpian belum menyebutkan secara pasti dan detail lokasi yang akan diganti tersebut. Sekarang lagi proses administrasi pada waktunya akan kita beritahukan,” kata Alpian.

Menurut Alpian,  H Djazuli Kuris memiliki visi yang luar biasa dalam memandang kemajuan Kota Pagaralam kedepanya.

Contohnya, pembuatan lokasi perkantoran, jalan dua jalur, bandara Atung Bungsu, dan termasuk penataan kota. “Peran beliau (H.Djazuli Kuris+red) ttidak terbantahkan dalam pembangunan kota Pagaralam.’sebutnya kemarin.

“Meskipun masih perlu kita sempurnakan dan ditambah lagi pembangunannya, misalnya perubahan nama Griya Tegurwangi, mengingat lokasi rumah dinas Walikota Pagaralam ini bukan Gunung Gare tapi merupakan wilayah Tegur Wangi,” ujar dia.

Memang, kata Alpian, dulu berdasarkan cerita ada daerah di sekitar sini namanya Gunung Gare (nama talang) tapi wilayahnya merupakan Tegur Wangi Kecamatan Dempo Utara.

“Kita bukan mengkultuskan pribadi pembuatan nama Griya Tegurwangi, tapi lebih mengutamakan nama daerah tempat rumah dinas Wako ini wilayahnya Tegurwangi bila berdasarkan sejarahnya, semua kita kembalikan ke sejarah biar tau jalan ceritanya,” ungkap wako yang juga Plt Ketua Nasdem Kota Pagaralam. (Rep)

About admin adminku

Check Also

Ada Apa Walikota Pagaralam Sambut Bikers Malaysia ?

(pelitaekspres.com) –PAGARALAM.- Sebanyak 25 anggota Bikers Malaysia yang sedang melakukan touring tiba di bumi Besemah. …

Tinggalkan Balasan