Home / OTOMOTIF / TDM-MOTOR / Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Mendadak Hujan di Tengah Jalan

Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Mendadak Hujan di Tengah Jalan

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG- Moda transportasi sepeda motor tetap menjadi pilihan untuk beraktifitas sehari-hari akan tetapi pengendara harus tetap bersiap untuk menghadapi musim hujan di Indonesia atau dikenal pula musim pancaroba.

Sebagian wilayah di Lampung saat ini masih berpotensi hujan dalam beberapa hari terakhir. Sekilas memang tak masalah, tapi bagi Anda yang suka bepergian atau para karyawan yang menggunakan roda dua untuk beraktifitas, ini menjadi tantangan tersendiri.

“Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi diri ketika terjebak hujan di tengah jalan. seperti tips-tips berikut agar kegiatan berkendara dapat lebih aman serta selamat sampai tujuan.” ujar Rusli Mantaring, Manager Promosi TDM.

Dan berikut Tips Aman Kendarai Sepeda Motor Saat Hujan

1. Gunakan jas hujan

Jas hujan menjadi perlengkapan pertama yang wajib dibawa pengendara motor saat musim hujan tiba. Penggunaan Jas Hujan model setelan atas dan bawah lebih aman jas hujan model ponco atau terusan yang berkibar-kibar.

2. Jangan asal rem ketika hujan turun

Ketika hujan kondisi jalan basah, ini akan lebih licin daripada jalan kering. Teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Hal yang harus kamu hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah sebagai berikut :

• Hindari menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban akibat kondisi jalan sangat licin.
• Gunakan engine brake untuk membantu pengereman.
• Perhatikan jarak dengan kendaraan lainnya, ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak.

Teknik rem yang benar ketika hujan yaitu dengan melepas tuas gas pada jarak aman kemudian rem ditekan secara perlahan sehingga berhasil memperlambat sepeda motor dengan aman.

3. Pastikan lampu menyala

Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, dan juga lebih gelap dari biasanya. Penggunaan lampu merupakan langkah yang baik agar Anda bisa terlihat jelas oleh pengendara lainnya.

4. Berhenti bila keadaan memburuk

Jika hujan turun terlalu lebat dan jarak pandang menjadi berkurang, sebaiknya Anda berhenti dulu untuk menunggunya reda. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat atau mengistirahatkan badan, hujan yang turun terlalu lebat sangat berbahaya. Jarak pandang menjadi terbatas, membuat kewaspadaan Anda menurun. Dengan begitu, risiko terjadinya hal tak diinginkan seperti kecelakaan menjadi lebih besar.

5. Meningkatkan kewaspadaan berkendara

Ketika hujan turun kemungkinan jalan akan tergenang air, ini membuat Anda tak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Untuk itu, Anda wajib meningkatkan kewaspadaan saat berkendara dalam kondisi hujan supaya lebih berhati–hati.

Dan untuk meningkatkan kewaspadaan perlu digunakan juga saat berkendara pada malam hari. Ini menandakan bahwa kebiasaan waspada merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pengendara sepeda motor ada kondisi cuaca hujan ataupun kemarau. Dan selalu #Cari_aman saat naik Motor.(*)

About admin adminku

Check Also

Aplikasi MotoRan Mudahkan Pelayanan Untuk Konsumen Honda

(pelitaekspres.com) – PESAWARAN –  Honda Jaya Motor Gedongtataan, Pesawaran melakukan Edukasi aplikasi MotoRan kepada Konsumen …

Tinggalkan Balasan