Home / PENDIDIKAN / Tingkatkan Kualitas Bacaan Al Quran, SD-SMP GSIS Gelar Kegiatan Mukhayyam Qur’an

Tingkatkan Kualitas Bacaan Al Quran, SD-SMP GSIS Gelar Kegiatan Mukhayyam Qur’an

(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – Demi meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al-Quran, SD-SMP Global Surya Islamic School mengadakan kegiatan mukhayyam Al-Quran yang telah dilaksanakan selama dua hari, 20-21 Januari 2023.

Kegiatan diadakan di lingkungan sekolah Global Surya Islamic School, Jl. St. Djamil no. 1, Gd. Meneng, Rajabasa, Bandarlampung, dengan tema “Membumikan Al-Qur’an Guna Membentuk Generasi Rabbani” yang diikuti siswa kelas 6 SD dan seluruh siswa SMP Global Surya Islamic School.

Atas suport Yayasan Sekolah Taraka Surya, Dr. H. Andi Surya dan Koordinator Dr. Hj. Armalia Reny Madrie AS. S.P.,MM, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kepala SD dan SMP Global Surya Islamic School, Eko Sugiarto, S.Pd.I, mengatakan, mukhayyam Al-Quran GSIS ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan siswa-siswi  unggul bukan hanya di bidang keagamaan saja, harapannya menjadikan siswa-siswi cinta terhadap Al-Qur’an, beradab dan berakhlak mulia serta unggul dalam bidang akademik.

“Kita maksimalkan program ini untuk meningkatkan kualitas hafalan dan bacaan Al-Quran siswa-siswi GSIS, oleh karenanya semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan totalitas,” ujarnya.

Lebih lanjut Abi Eko, sapaan akrabnya mengatakan, berbagai rangkaian kegiatan diharapkan setelah mukhayyam Quran GSIS, peserta dapat menghafal Al-Qur’an dengan baik dan memiliki rasa kedermawanan.

Mukhoyyam juga mengajarkan anak untuk berbagi dengan sesama, dengan harapan siswa-siswi nanti terbiasa untuk memberi dan berbagi maka munculah karakter dermawan dalam kepribadianya.

Seluruh siswa-siswi GSIS memiliki program berbagi melalui tabungan berkah berupa pengumpulan uang logam sisa belanja orang tua maupun anak yang dikumpul setiap bulannya.

Juga program jum’at berkah dengan memanfaatkan momen hari mulya yang cocok untuk diambil manfaatnya. dihari itu siswa-siswi menggalang infaq dari mulai SD hingga SMA, bekerja sama dengan tim bimtaq dan HRT GSIS.

“Rangkaian kegiatan di mulai dengan mendirikan tenda pada siang hari, kemudian malam harinya sekitar pukul 20.00 melaksanakan kegiatan bakti sosial, pukul 2.00 dini hari dilanjutkan dengan sholat tahajud berjamaah dan munajat kepada Allah SWT dan dilanjutkan kegiatan susur jejak yang di bagi dalam 8 pos dan di setiap pos ada tantangan tertentu yang sangat seru,  mendidik serta mendekatkan anak-anak kepada Al-Qur’an dengan berbagai macam cara pengetesan hafalannya juga ada game yang seru dan menarik sehingga siswa tetap bergembira walau acaranya padat,” lanjutnya.

Salah satu peserta mukhayyam Al-Quran GSIS, Soraya Khoirunnisa, sangat senang dapat mengikuti seluruh kegiatan yang di gagas oleh SD-SMP GSIS untuk meningkatkan ilmu dan pemahaman tentang Al-Quran dan peduli sesama.

“Setelah mengikuti kegiatan mukhayyam Al-Qur’an saya banyak belajar, tentang kekompakan dan kebersamaan dalam tim, belajar hidup sederhana dan mandiri, disiplin dan menghargai waktu, saling menolong dan berbagi dengan teman, dan saya belajar tentang perjuangan menghafal Al-Qur’an,”katanya.

Ketua Tim Penjamin Mutu (TPM) GSIS, Imam Santoso, M.Pd didampingi anggota TPM GSIS, Drs. Haryanto, M.Si dan  Banjir Sihite, M.Pd menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh SD-SMP GSIS, semoga dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Al-Qur’an itu sumber segala sumber, hanya saja kita yang tidak tahu. Maka sudah seharusnya kita meningkatkan kembali kebersamaan dengan Al-Quran secara lebih intens,”pesannya.

Menurutnya, ketika Al-Quran sudah dibaca dengan benar, beserta tajwid dan hukumnya, maka akan ditemukan penjelasan para ulama terkait ribuan mutiara yang terkandung di dalam Al-Quran.

“Membaca Al-Quran itu wajib dengan tajwid. Jika tidak bisa secara nadzhari (teori), maka minimal di mukhayyam bacaan Al-Quran kita bisa terperbaiki secara aplikatif itulah yang kita tanamkan di GSIS,”pungkasnya. (rls

About admin adminku

Check Also

Stadium General LK-1 HMI Universitas Paramadina Jakarta

(pelitaekspres.com) –JAKARTA-“Peran Intelektual Muda/Mahasiswa Sebagai Episentrum Gerakan dalam Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” Oleh Prof …

Tinggalkan Balasan