(pelitaekspres.com) – PURWAKARTA – Diduga tidak mengantongi izin secara legal, sejumlah kandang sapi yang berdiri di lahan Perhutani wilayah Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta disidak langsung oleh PLH Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, bersama Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta juga Perhutani KPH Purwakarta, pada Senin 10 Juni 2024 Siang.

Lahan perhutani yang digunakan untuk kandang sapi tersebut memakan lahan perhutani kurang lebih setengah hektar.

“Sejumlah bangunan kandang sapi tersebut berada di luar UPTD Pasar Ingon Ingon Ciwareng Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta. Dan mereka rata rata belum ada kerjasama pemanfaatan lahan dengan pihak pihak terkait baik itu ke Desa Ciwareng, UPTD Pasar Ingon Ingon Ciwareng, Diskanak Purwakarta, bahkan ke Perhutani KPH Purwakarta,” ujar PLH Sekda Kabupaten Purwakarta Agung Darwis Suriatmaja di sela Sidak.

Namun, Plh Sekda Kabupaten Purwakarta menegaskan, bahwa pemerintah daerah kabupaten Purwakarta tidak menyerap retribusi pendapatan daerah, bangunan kandang sapi ilegal tersebut,” tegas Agung Darwis Suriatmaja kepada wartawan.

Di lokasi yang sama Wakil Administrasi Perhutani KPH Purwakarta Mulyana, menjelaskan, bahwa keberadaan kandang sapi di lahan Perhutani ini belum menempuh kesepakatan kerjasama pemanfaatan lahan secara legal, apalagi secara regulasi kini kewenangannya ada di bawah Kementerian kehutanan.

“Perhutani KPH Purwakarta sendiri di lahan perhutani wilayah Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta, kewenangannya hanya sebatas pemanpaatan lahan untuk penanaman pohon saja, kecuali adanya penebangan, dan perusakan pohon, itu kewenangan kami pihak Perhutani. Bilamana terjadi atau kedapatan dua (2) tersebut akan kami tindak lanjuti sesuai aturan dan undang undang yang berlaku,” ucapnya.

Semoga, dengan dilakukannya sidak ada titik terang atau solusi terkait keberadaan bangunan sejumlah kandang sapi yang berdiri di lahan kementerian hutanan serta menempuh perijinannya. (DR)

Tinggalkan Balasan