(pelitaekspres.com)-GUNUNGSITOLI-Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepulauan Nias Sumut yang diketuai oleh Suarman Telaumbanua, Sekretaris Krispinus Zebua, Bothaniman J Telaumbanua (pengarah), Riswan H Gultom (Humas) dan dilengkapi seksi-seksi, gelar Syukuran Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, bertempat di posko SMSI Warung Pangsit Siantar Jl. Cipto Mangunkusumo Gunungsitoli, (27/02/2024).

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Nias Dhi diwakili oleh Iptu O.Daeli Kasi Humas Polres Nias, Mewakili Kajari Gunungsitoli oleh Kasi Datun Daniel Hutagalung, SH, penasehat SMSI Amal Agus Zega, Petrus Gulo, jajaran pengurus SMSI Kepulauan Nias,  Yasiduhu Gulo, Adi Laoli, Hadir juga rekan wartawan Toroziduhu Harefa dan Bedali Zebua, dan undangan lainnya

Ketua Panitia, Haogo Zega dalam laporannya menyampaikan, sesuai SK yang telah diterima beberapa Minggu yang lalu, panitia bekerja mempersiapkan acara HPN dengan memberdayakan personil.

Perayaan HPN diharapkan menjadi moment kebangkitan pers di Kepulauan Nias, semakin profesional menjalankan profesi dengan menggalang kemitraan yang baik kepada berbagai pihak.

Haogo menambahkan, HPN dirangkai dengan kegiatan bakti sosial, yang mana pada hari Rabu (28/2/2024) akan dilaksanakan gotong royong di Dusun 8 Desa Umbu Balodano Kecamatan Sitolu Ori Nias Utara (Nisut).

Aksi sosial tersebut berupa pembangunan rabat beton sederhana dan pemberian buku tulis di SDN 078426 dan SDN 280412 Hoya.

Haogo mengajak semua pihak mendukung, sebab anak anak sekokah di dusun tersebut kesulitan menjangkau sekolah karena jalan seadanya.

Kapolres yang diwakili Iptu O Daeli dalam sambutannya, mengapresiasi HPN yang diselenggarakan SMSI Kepulauan Nias.

Daeli mengajak jurnalis untuk terus bermitra baik dengan Polres Nias, Daeli mengatakan, dirinya selaku Humas selalu berkomitmen dalam kemitraan menyampaikan informasi sesuai aturan berlaku.

Dikesempatan itu juga, Kasi Datun Daniel Hutagalung SH mewakili Kajari Gunungsitoli mengatakan, kejaksaan dan wartawan merupakan dua pihak yang saling mengisi, sehingga Kejari selalu membuka akses informasi seluas luasnya.

“Bapak Kajari menyampaikan salam dan selamat HPN, beliau tidak dapat hadir karena tugas luar daerah,” jelasnya.

Amal Agus Zega mewakili penasihat menyampaikan, SMSI dan jurnalis harus kompak dalam memperjuangkan hal hal yang masih membelenggu profesi jurnalistik.

“Soal kebebasan, kesejahteraan dan lainnya harus dipikirkan bersama sehingga ruang jurnalis semakin baik,” Harapnya

Ketua SMSI Kepulauan Nias Suarman Telaumbanua dalam sambutannya, memaparkan sejarah perjalanan pers dari masa ke masa, sejak masa penjajahan hingga andil mengisi kemerdekaan.

Dalam pemantapan perusahaan media serta personil jurnalistik dikatakan, dalam waktu dekat SMSI akan menyelenggarakan uji kompetensi, terbuka bagi semua wartawan di Kepulauan Nias.

“Kami terus menggalang kerjasama kepada pemerintah, aparatur penegak hukum, BUMN, swasta dan semua pihak. Kami mengajak semua elemen saling mendukung dalam program SMSI ke depan,” Harapnya.

Acara puncak dilakukan dengan pemotongan tumpeng yang dibagikan kepada para undangan dan seluruh yang hadir.

Setelah menikmati makan siang, Ketua Pengarah, Bothaniman J Telaumbanua menutup acara dengan menyampaikan terimakasih kepada undangan.

“Terimakasih atas atensi semua pihak. Semoga pers semakin jaya menjalankan profesi serta kemitraan kepada berbagai pihak,” tutupnya.(Toro Harefa)