(pelitaekspres.com) –YAPEN- Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd. M.Si, menghadiri  penutupan kegiatan pelatihan komputer yang dilaksanakan hampir 2 Minggu di Jemaat GKI Diaspora Yapan, melalui kerjasama antara Lembaga Kursus dan pelatihan Yayasan Bengkel Papua di kampung Yapan jalan Ansija Serui. Jumat 17 Maret 2023.

Dalam sambutan Pj Bupati Mambay bahwa perubahan itu tidak bisa kita hentikan, mulai dari perubahan  pengetahuan dan teknologi semakin maju, hari ini kita sudah  berada di Era digitalisasi, kalau di tahun 2000an kita masih gunakan HP (Ponsel) yang di sebut dengan HP kayu artinya bukan Android tapi zaman sekarang, jangan heran kalau anak anak di rumah saat ini  pegang HP mulai bermain Tiktok, Facebook mereka belajar sendiri tanpa di ajarkan oleh orang lain.

“perubahan itu cepat sekali hari ini dunia kerja juga menuntut setiap orang harus memiliki ketrampilan jika melamar pada suatu perusahan atau kantor ada persyaratan yang dicantumkan,  salah satunya adalah mampu mengoperasikan komputer dan disertakan dengan sertifikat komputer hal ini yang membuat kita di Papua sangat jauh  “ujar Pj Bupati Cyfrianus Mambay”.

Dikatakan bahwa kalau hari ini tidak memiliki profesi khusus bagaimana bisa bekerja, paling tidak kerja yang sangat muda adalah jadi buru pelabuhan (TKBM) atau menjadi penjual di pasar, tapi hari ini dan besok setiap orang yang mau bekerja di zaman modern hari ini, karena dulu yang bekerja di instansi pemerintah  bagian keuangan membuat laporan dan lain lainnya itu bersifat manual namun hari ini kita menggunakan “SIMDA” dalam pengelolaan  keuangan dan hari ini kita di tuntut juga menggunakan SIPD sistem informasi pemerintah daerah.

Perubahan begitu cepat anak-anak, generasi sekarang ini harus di tuntut untuk menguasai berbagai disiplin ilmu terutama harus memiliki ketrampilan ataupun skil kalau tidak di penuhi makan akan sulit. Saya mengetahui persis mantan Ketua Sinode karena sama-sama senior GMKI dia lalu berpikir sederhana untuk memulai dari  Bengkel Yayasan Papua, selain itu juga dipercayakan sebagai badan percepatan pembangunan Papua dibawah  Sekretariatan Presiden dan Wakil Presiden. “ucap Cyfrinus Mambay ”

“Ini adalah terabosan-terabosan ini untuk mempersiapkan generasi Papua yang bisa mampu tembus dunia kerja,  hari ini sudah masuk SD, SMP dan SMA ujian sudah menggunakan online, misalnya hari ini menteri pimpinan rapat di Jakarta saya bisa ikut dari sini melalui Virtual atau online itulah kehebatan dan kecanggihan dunia di zaman Era digitalisasi dunia ini beruba dengan cepat.

Sehingga “anak anak hari ini harus di bekali sejak dini, oleh sebab itu Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Bengkel Papua hari ini bisa dapat mendidik  anak anak kita  walaupun masih kecil namun sudah dapat mengoperasikan komputer”.

Saya berharap semua orang tua harus menjadi pendorong anak anak kita karena Yayasan Bengkel Papua hari ini telah selesai mendidik mereka, jika orang tua punya Leptop di rumah bisa berikan untuk mereka dapat mengerjakan tugas sehingga ilmu yang dimiliki terus di asa sehingga tidak hilang.

Selain itu juga kita berharap di sekolah guru guru juga mendorong anak anak ini juga dengan sistem komputer sekolah yang ada, sehingga mereka keluar bisa memenuhi dunia kerja yang semakin maju. “ujar Pj. Bupati ”

Atas nama pemerintah saya menyampaikan terima kasih sedalam dalamnya kepada Yayasan Bengkel Papua yang sudah memberikan waktu,  tenaga, pikiran, ketrampilan dan mendidik anak anak kami khusus di Jemaat Yapan ini terampil dengan komputer yang baik, saya persankan buat anak anak semua yang sudah belajar itu jangan lupa kalau masuk SMP masuk di Lab Komputer untuk terus melati diri. Besar harapan kami, Yayasan Bengkel Papua teruslah melati generasi emas Papua bukan hanya di Yapen saja tetapi di daerah Papua pun di laksanakan.

“saya atas nama pemerintah daerah menutup secara resmi pelatihan komputer yang diselenggarakan oleh Yayasan Bengkel Papua resmi dinyatakan tutup pada hari ini, setelah penutupan acara Pj. Bupati menyerahkan Sertifikat Komputer kepada anak anak peserta pelatihan.”

Hadir mendampingi Pj. Bupati Cyfrinus Mambay, para pengurus yayasan Bengkel Papua dan pengajar juga Pdt dan hamba hamba tuhan, kepala kampung Yapan serta orang tua anak anak dan masyarakat. (GM).