Home / Komando / Polres Nias Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi “Lilin – 2022” 

Polres Nias Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi “Lilin – 2022” 

(pelitaekspres.com) – GUNUNGSITOLI – Kepolisian Resor Nias melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2022 dalam rangka Pengamananm Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilayah Hukum Polres Nias bertempat di Lapangan Apel Mapolres Nias Jalan Bhayangkara Kelurahan Ilir Kota Gunungsitoli, Kamis (22/12/2022) pagi.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd, Perwira Apel Kasat Lantas Polres Nias AKP M.P. Pardede dan Komandan Apel KBO Sat Samapta Polres Nias IPDA C. Purba, S.H.

Pimpinan Apel Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd yang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. menyampaikan “Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan dari personel maupun sarana prasarana, dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan bersinergi, sehingga Perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.”

“Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh Wilayah berada pada PPKM Level  I, Momentum Nataru Selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung Tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat” Ujar Kapolri melalui amanat yang dibacakan Pimpinan Apel.

“Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi  Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin & 2022 selama 12 hari, mulai 22 Desember 2022 s.d.2 & Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023,” jelasnya.

Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.

Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden RI,” ungkapnya.

“Kepada seluruh sektor dan Stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan Tahun Baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman. Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 yang lalu sebagai acuan. Penerapan contra flow dan one way pada jalur tol maupun arteri harus dilakukan secara fleksibel, menyesuaikan dengan situasi di lapangan dan mengacu data volume kendaraan dari traffic counting PT. Jasa Marga. Selain itu, lakukan sosialisasi secara masif sebelum rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat terinformasi dengan baik. Selain jalur tol maupun arteri, rekayasa lalu lintas juga harus dilakukan pada pelabuhan penyeberangan. pastikan tidak ada penumpukan kendaraan yang akan melakukan penyeberangan dengan menambah”, tambahnya.

Dijelaskan dia bahwa, berdasarkan anev tahun 2021, kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember didominasi oleh jenis kejahatan konvensional. Melihat hal tersebut, tingkatkan Patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi  guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal, terutama kepada masyarakat yang akan berpergian, ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius, saya tekankan bahwa aksi terorisme seperti yang terjadi di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi lagi. Maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi-aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian,” tegasnya.

“Optimalkan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan, sehingga upaya pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat guna menghadapi Perkembangan dinamika situasi di lapangan. selain itu, perkuat juga strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi. pastikan setiap pemberian informasi tidak hanya sent, namun juga delivered, sehingga masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan,” ujarnya,

“Keberhasilan Pengamanan Operasi Lilin – 2022 ini merupakan tanggung jawab kita bersama yang harus dapat kita selesaikan. oleh sebab itu, kepada seluruh Personel Pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Saya yakin, dengan Integritas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan Ibadah Natal dengan khidmat, serta merayakan Tahun Baru dengan penuh suka cita,” tegasnya.

“Kepada seluruh Personel Pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah  kebanggaan. oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, Profesional, Humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing masing sesuai rencana operasi dengan  mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini, jaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah,” pesannya.

Setelah selesai pelaksanaan Apel dilanjutkan dengan kegiatan Show of Force Kekuatan Personil Pengamanan dan beserta sarana dan Prasarana kendaraan yang digunakan dalam Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K., Kasatpol PP Kota Gunungsitoli, Eka Kurniawan Harefa, ST.,M.Si, Kadis Perhubungan Kota Gunungsitoli, Meiman K. Harefa, Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser J. Napitupulu, Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli Alfian T. Harefa, S.E., Mewakili Kadis Perhubungan Kabupaten Nias, Niasman S. Zalukhu, Kasat Pol PP Kabupaten Nias, Joni Harefa, Kepala BPBD Kab. Nias Utara, Yas Zalukhu, Mewakili Dandim 0213 Nias, Plt. Pasi Ops Lettu Inf. M.S.A. Rambe, Dan Sub Denpom Nias, Kapten Susilo, Dan Pos AL Gunungsitoli, Letda Laut (P) Anhar putra, Kepala Basarnas Nias, Benteng Hilton Telaumbanua, SE, Mewakili Kepala KSOP Gunungsitoli, Restu Gulo, Mewakili Kepala PLN Area Nias, Muhammad Mobby, Sekretaris FKUB Kota Gunungsitoli, Bastari Marikan, Mewakili Kepala Perum KCP Bulog Gunusitoli, Fery Agustian, Mewakili Kaban Kesbangpol Kabupaten Nias Barat, Hiburan Halawa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias M. Rosyadi Lubis, SH (Humas res nias/Toro Harefa)

About admin adminku

Check Also

Kapolres Lampura Sampaikan Pesan-pesan Kamtibmas Melalui Program Jumat Curhat

(pelitaekspres.com) -LAMPURA- Berbagai upaya dilaksanakan oleh jajaran Polres Lampung Utara Polda Lampung dalam mengajak sekaligus …

Tinggalkan Balasan