(pelitaekspres.com) -GUNUNGSITOLI- Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara, bertempat di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Jl. Kapten Maulana Lubis Medan, Jumat (08/03/2024)

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri mewakili dari Pemerintah Kota Gunungsitoli diantaranya yaitu Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si  didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli,

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin Dalam arahannya, menyampaikan akan terus memperkuat hilirisasi dan kewirausahaan tahun 2025. Kedua hal tersebut diyakini dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Sumatera Utara.

Menurut Hassanudin, saat ini perekonomian Sumut belum cukup kuat, karena masih ditopang sektor pertanian. Kontribusi sektor pertanian untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Sumut 23,57%, perdagangan 19,23% dan industri 18,1%.

“Tantangan Sumut ke depannya adalah memperkuat struktur ekonomi melalui transformasi struktural dengan jalur hilirisasi, sehingga ke depan perekonomian kita berciri industri pengelolaan berbasis pertanian,” kata Hassanudin.

Menurut Hassanudin, sektor kewirausahaan di Sumut masih didominasi pelaku UMKM sekitar 98,87%, sedangkan kategori usaha menengah dan besar masih 1,12%. Hanya saja, besarnya jumlah UMKM tidak disertai kontribusi besar pada perekonomian, karena baru mencapai 46,51%.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Sumut Alfi Syahriza mengatakan, Musrenbang menjadi forum diskusi untuk penyelarasan program pemerintah. Sehingga pembangunan yang dilakukan selaras antara pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota.

“Ini bukan kegiatan seremoni, kita menyelaraskan program-program pembangunan di tahun 2025 sehingga apa yang kita cita-citakam bersama tercapai,” kata Alfi Syahriza.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/ Bapennas Tri Dewi Virgiyanti, Sekdaprov Sumut Arief S. Trinugroho dan Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, sejumlah Bupati/ Walikota se-Sumatera Utara, unsur Forkopimda serta OPD terkait.(Toro Harefa)