Home / Komando / Piala Pangdam II/SWJ KKI Open Sumatera Karate Championship I/2023 Resmi Dimulai

Piala Pangdam II/SWJ KKI Open Sumatera Karate Championship I/2023 Resmi Dimulai

(pelitaekspres.com) -JAMBI – Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., secara resmi membuka kegiatan KKI Open Sumatera Karate Championship – I 2023 Piala Pangdam II/Swj yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Baru Jambi, Jum’at (20/01/2023). Kejuaraan Karate ini digelar selama tiga hari, mulai tanggal 20 s.d 22 Januari 2023 mendatang.

Selain dalam rangka untuk mensosialisasikan olahraga Karate kepada masyarakat khususnya generasi muda, tujuan diselenggarakannya kejuaraan Karate ini adalah untuk mencari bibit-bibit yang potensial dan mensinergikan TNI dengan kalangan olahraga khususnya Karate.

Kejuaraan Karate ini mempertandingkan Kata dan Kumite. Adapun dalam Komite dibagi dalam 8 Kategori, mulai dari Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Kadet, Junior, Under 21, Senior dan Best of The Best.

Sedangkan untuk Atlet yang mengikuti Turnamen ini berasal dari Sumbagsel yang berjumlah 311 orang dengan Kelas 360

dari 27 Kontingen, terdiri dari 10 Kontingen TNI dan 17 Kontingen Umum.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan bahwa, Kejuaraan Pangdam II/Swj KKI Open Turnamen Karate Championship – I 2023 ini akan dapat mempromosikan provinsi Jambi, baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

“Lewat kejuaraan ini kita mempromosikan Provinsi Jambi ini, Provinsi yang kita cintai ini agar dikenal. Kemarin kita baru selesai merayakan Hari Ulang Tahun Jambi yang Ke-66, dan dengan turnamen olahraga  seperti ini merupakan salah satu upaya untuk turut mensukseskan program-program pembangunan di Jambi,” kata Pangdam.

Dirinya juga memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada adik-adik sekalian atlet Karate yang pada saat ini sudah hadir. “Bermainlah dengan sportif, bagaimana menunjukkan atau membina sportivitas kita. Mudah-mudahan ini adalah sebagai modal dasar kita untuk bisa berpartisipasi bagaimana negara kita nanti ke depannya,” ujarnya.

Pangdam juga menjelaskan bahwa, sebagai penerus bangsa, para atlet usia muda diharapkan dapat memainkan peran penting untuk bangsa dan negara. Terlebih, dalam menuju Indonesia Emas 2045 dengan bonus demografinya.

“Jangan sampai bonus demografi justru menjadi bencana bagi Indonesia jika tidak dimanfaatkan dan dipersiapkan dengan baik”, ungkapnya.

Dirinya pun mengingatkan para atlet muda akan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dengan jiwa ksatria pantang menyerah.

“Di tahun 2045 kita memiliki bonus demografi, apabila tidak dikelola dengan baik, bonus demografi ini bukan memberi sumbangsih kepada negara, malah menjadi bencana bagi bangsa Indonesia. Kita kembali kepada perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan beberapa puluh tahun lalu”, urainya.

“Semangat ini harus kita tanamkan pada generasi muda yang sekarang untuk mencapai Indonesia Emas di tahun 2045. Tidak ada lain adalah menanamkan jiwa sportifitas kita, semangat pantang menyerah dan adik-adik sekalian harus mewujudkan Indonesia Emas,” jelas Jenderal Bintang Dua ini.

“Selamat bertanding. Sekali lagi tanamkan jiwa sportifitas kita, tunjukkan profesionalitas kalian yang sudah dilatih, yang kalah mengaku kalah untuk berlatih lebih lanjut. Yang menang tetap tingkatkan kemampuan. Mudah-mudahan nanti kalian-kalian ini akan menjadi duta-duta provinsi Jambi dalam event nasional bahkan internasional,” pungkasnya.

Pembukaan ditandai dengan Pemukulan Gong yang dilakukan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi didampingi, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono.

Tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Ketua KONI Jambi dan Ketua Umum Forki Jambi serta tamu undangan lainnya. (Rls/Ags).

 

About admin adminku

Check Also

Sigap Jum’at Curhat, Sama Kapolres Blitar Kota Dengarkan Keluhan Masyarakat

(pelitaekspres.com) –BLITAR- Sebagai instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Polri  juga harus mampu menampung segala …

Tinggalkan Balasan