(pelitaekspres.com) –TUBABA – Pemerintah tiyuh (desa) Mulya Kencana, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), realisasikan Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2024 untuk ketahanan pangan, Senin (20/05/2024)

Kegiatan penyerahan itu, dilakukan pada masing- masing Kelompok Wanita Tani (KWT) pada masing- masing RK. Pada acara pembagian berbagai macam bibit itu baik berupa bibit sayuran, hewan ternak, dan ikan dilakukan pada masing- masing titik lokasi sesuai RK.

Hadir pada acara penyerahan bibit itu tim monitoring evaluasi (monev) yang dipimpin staf ahli bupati bidang kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Nisom, S.H. beserta sejumlah anggota tim lainnya. Serta turut dihadiri penyuluh pertanian, bhabinsa, dan Kamtibmas tiyuh setempat.

Berdasarkan monitoring evaluasi (monev) yang dilakukan pihak pemerintah daerah (pemda), kabupaten setempat yang dipimpin staf ahli bupati bidang kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Nisom, S.H. beserta timnya yang ditugaskan untuk melakukan pengawasan, pembinaan, serta bimbingan di tiyuh yang ada di kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Dikatakan Nisom, S.H. pihaknya telah melakukan monev baik secara administrasi maupun secara langsung turun di lapangan. Hasilnya sudah sesuai perencanaan dan sesuai dengan apa yang telah diterapkan. Baik peruntukan dananya maupun berbagai macam bibit untuk mensukseskan program ketahanan pangan dan pencegahan stunting.

“Semuanya sudah kami lakukan pemeriksaan sebagai bentuk monitoring dan evaluasi (monev), baik secara administrasi maupun turun langsung di lapangan. Cukup baik semuanya. Bibit sayuran, hewan ternak, serta bibit ikan yang telah dibagikan merupakan program unggulan K3W (Kolam, Kandang, dan Kebun serta Wisata). Program ini memang harus benar- benar diterapkan dan kita sukseskan bersama untuk ketahanan pangan dan pencegahan stunting “ujar Nisom, S.H.

Sementara itu, kepala tiyuh Mulya Kencana Suyanta mengatakan pembagian berbagai macam bibit sayuran, hewan ternak, serta bibit ikan tersebut merupakan bentuk realisasi Dana Desa (DD) tahap 1 pada tahun 2024. Tujuannya adalah melaksanakan program K3W untuk ketahanan pangan.

Perbaikan gizi dan untuk pencegahan stunting. Selain itu pula pihaknya bersama kelompok tani dan aparatur telah melakukan penanaman jagung. Penanaman seluas 1 hektar sebagai wujud nyata untuk ketahanan pangan bersama masyarakat setempat.

“Berbagai macam bibit tersebut berupa bibit sayuran jenis cabai, terong, tomat, dan rampai. Kemudian pembagian hewan ternak berupa kabing sebanyak 17 ekor, serta bebagai bibit ikan. Yaitu ikan nila, lele, dan gurame yang diserahkan melalui Rk masing- masing sebanyak 5 Rk. Setiap RK diberikan bibit 1000 ekor, jadi bibit ikan secara keseluruhan sebanyak 5000 ekor “ujarnya kepala tiyuh Mulya Kencana, Suyanta. (Red)

Tinggalkan Balasan