Home / Komando / Peringati HUT Ke-61, Kowad Kodam II/Sriwijaya Gelar Syukuran

Peringati HUT Ke-61, Kowad Kodam II/Sriwijaya Gelar Syukuran

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Dalam rangka memperingati HUT Ke-61 Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) Tahun 2022, para Prajurit Wanita TNI AD Kodam II/Sriwijaya Garnizun Palembang menggelar Acara Syukuran yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., Selasa (27/12/2022) bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Kota Palembang.

Syukuran digelar secara sederhana, diawali dengan menyanyikan Mars Kowad, Laporan Ketua Panitia, Sambutan Kasad yang dibacakan Pangdam II/Sriwijaya, dilanjutkan Pemotongan Tumpeng oleh Pangdam II/Sriwijaya didampingi Ketua Persit KCK Daerah II/Sriwijaya, Ny. Hesti Hilman Hadi dan Pakor Kowad Kodam II/Swj, Letkol Caj (K) Eni Soerjantini, S.Pd., yang diberikan kepada Personel Kowad a.n. Serda (K) Audrey Maureena Andra Larasayu dari Pomdam II/Swj, Atlet Taekwondo berprestasi yang berhasil meraih Juara I di Open Tounament Begawi Taekwondo Lampung 2022, Juara II Taekwondo Porprov Lampung 2022 dan Juara III Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup 2022.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan ucapkan Selamat Ulang Tahun dan Selamat Berbahagia kepada segenap keluarga besar Korps Wanita Angkatan Darat dimanapun berada dan bertugas. “Jadikan peringatan hari ulang tahun ini sebagai momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi dan evaluasi pencapaian tugas yang telah dilaksanakan, sekaligus sebagai tolak ukur upaya meningkatkan karya dan pengabdian dimasa mendatang.

Enam puluh satu tahun pengabdian Kowad bukanlah perjalanan singkat yang telah dilalui oleh karena itu, momen ulang tahun ini merupakan pengingat sejarah perjuangan dan perjalanan Bangsa Indonesia yang tidak terlepas dari peran kaum wanita. Berbagai keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai Kowad hingga saat ini, tentunya berkat kerja keras, pengabdian, dedikasi dan perjuangan serta pengorbanan para pendahulu dan segenap sesepuh purnawirawan Kowad.

“Oleh karena itu, marilah kita kenang serta hargai jasa dan pengorbanan mereka disertai tekad untuk dapat mewarisi dan melanjutkan semangat juangnya dalam tugas dan pengabdian dimasa mendatang,” jelas Pangdam.

Adapun tema yang diangkat kali ini adalah “Kowad Profesional dan Berdedikasi Tinggi, Siap Mengabdi Untuk Negeri”. Tersimpan makna yang mendalam bahwa Kowad dituntut untuk profesional dan berdedikasi dalam setiap pelaksanaan tugas demi pengabdian kepada bangsa dan negara. “Jadikan tema tersebut sebagai pemicu semangat dan tekad untuk memotivasi diri terus berkarya dalam mempersembahkan karya terbaik dalam mendukung tugas pokok TNI AD,” jelas Mayjen TNI Hilman hadi.

“Saya menaruh harapan kepada prajurit Kowad untuk terus mengukir prestasi terbaik dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kemampuan atau skill, yang berpedoman pada etika, moral serta prosedur yang berlaku. Tingkatkan dan kembangkan potensi, serta kompetensi yang dimiliki melalui pendidikan dan latihan sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi secara berkesinambungan.

“Tumbuhkan kepercayaan diri, potensi dan kompetensi yang dimiliki dalam menjalankan tugas dimanapun berada, sehingga mampu tampil sebagai prajurit yang tangguh, tidak cengeng dan pantang menyerah, serta berikan prestasi terbaik yang bermuara pada sebuah prestise.

Lebih lanjut, Pangdam menyampaikan, kedepankan untuk meningkatkan semangat soliditas yang dilandasi rasa saling asah, asih dan asuh antara senior-junior dalam melaksanakan peran maupun fungsinya guna mendukung tugas pokok TNI AD. “Hindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan TNI AD. Jangan nodai prestasi yang telah kalian raih dengan pelanggaran yang tidak perlu dan tidak pantas, seperti pelanggaran disiplin, pidana, perdata, maupun asusila, sehingga dapat merusak citra Korps Wanita Angkatan Darat,” tegas Pangdam.

Selanjutnya, menjadi seorang prajurit Kowad adalah pilihan hati dan jalan hidupmu. Jangan lupakan kodrat dan harkat martabat wanita sebagai istri dan Ibu bagi anak-anakmu. “Ingatlah selalu, meskipun wanita tetap militer, meskipun militer tetap wanita. Oleh karena itu, tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun. Sayangi dirimu, keluargamu dan juga satuanmu,” kata Pangdam.

Diakhir sambutan, Pangdam juga menyampaikan beberapa penekanan Kasad kepada seluruh Kowad, yaitu ; Pertama, mengembangkan kompetensi diri sebagai prajurit TNI AD, sekaligus mampu menjaga kehormatan diri sebagai wanita Indonesia. Kedua, Tingkatkan dedikasi kepada TNI AD, bangsa dan negara dengan keahlian serta kemampuan yang dimiliki. Ketiga, Tumbuhkan budaya belajar sepanjang hayat dengan meningkatkan literasi diselaraskan dengan penerapan dalam etika dan moral. Dan Keempat, Tetap fokus menjalani peran ganda dan melawan stigma yang ada di masyarakat melalui penerapan karakter kuat dengan selalu mawas diri dan mengembangkan mindset.

Sementara itu, Ibu Raksakarini Sri Sena II/Sriwijaya, Ny. Hesti Hilman Hadi mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada segenap warga Kowad yang bertugas di jajaran Kodam Sriwijaya. “Momentum peringatan hari jadi Korps Wanita Angkatan Darat seperti ini, selain untuk mengenang awal berdirinya dan sejarah panjang perjalanan pengabdiannya, juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap pelaksanaan tugas Kowad selama kurun waktu setahun yang lalu, disertai harapan semoga kinerjanya semakin baik dan meningkat di masa mendatang”, kata Ny. Hesti.

Dikatakan bahwa, menjadi seorang prajurit Kowad adalah pilihan hati dan jalan hidupmu, syukuri dengan penuh ketulusan dan keikhlasan hati, laksanakan profesi ini dengan profesional, ikhlas sepenuh jiwa dan raga. Namun demikian jangan melupakan kodratnya sebagai wanita yang memiliki tugas sebagai istri, ibu rumah tangga dan anggota masyarakat, anggota Kowad juga seorang prajurit yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang diikat oleh norma dan aturan tertentu.

“Oleh karena itu, pandai-pandailah menempatkan diri sesuai dengan porsinya masing-masing, sehingga peran ganda yang dimiliki Kowad dapat dilaksanakan dengan selaras dan seimbang”, ujarnya.

“Jaga diri dengan baik, kendalikan diri dengan selalu mengingat norma, moral dan etika. Hindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan. Jangan nodai prestasi yang telah kalian raih dengan pelanggaran yang tidak perlu dan tidak pantas, seperti pelanggaran disiplin, pidana, perdata maupun asusila,sehingga dapat merusak citra Korps Wanita Angkatan Darat”, pungkasnya.

Jadikanlah diri kalian sebagai teladan dimanapun kalian berada. Tingkatkan prestasi di segala bidang. Mantapkan landasan moral dan mental melalui upaya peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga selalu dalam bimbingan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Hal ini penting dilakukan mengingat sebagai prajurit wanita kalian akan selalu menjadi pusat perhatian, tidak hanya di lingkungan tugas tetapi juga di lingkungan masyarakat. “Ingat terus motto Kowad yaitu “Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa”, ini mengandung makna bahwa Kowad bukan penghias lingkungan kerja tetapi merupakan prajurit wanita yang profesional, berhati bersih, jujur, mandiri, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya serta penuh pengabdian kepada bangsa dan negara”, tuturnya.

Turut hadir dalam acara syukuran tersebut, Irdam II/Swj, Kapoksahli Pangdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Asrendam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj, para Pengurus Persit KCK Daerah II/Sriwijaya, Ketua PP Kowad Sumsel dan seluruh Perwira dan Bintara Kowad Kodam II/Swj Garnizun Palembang.

Dalam acara syukuran kali ini, berbagai atraksi tari yang dibawakan para prajurit Kowad Kodam II/Swj ini, antara lain ; Tari Zapin, Tari Blakdetdot, Tari Kreasi Modern, Fashion Show dan Band Kowad. (Rls/Ags).

 

About admin adminku

Check Also

Koramil Kapas Bojonegoro bersama Polsek, BPBD dan Relawan Lakukan Pencarian Korban Tenggelam

(pelitaekspres.com) -BOJONEGORO – Puluhan personil TNI dari Koramil 0813-02/Kapas Kodim 0813 Bojonegoro bersama Badan Penanggulangan …

Tinggalkan Balasan