(pelitaekspres.com) –NATAR- Untuk menjalankan fungsi motor dengan baik, motor diharuskan untuk memiliki fungsi yang optimal pada berbagai lini. Seperti pada bagian kelistrikan, fungsi dari bagian ini adalah menjalankan sistem motor yang membutuhkan listrik seperti pada bagian starter, lampu, sein, klakson, dan sebagainya. Oleh sebab itu sistem kelistrikan diharuskan memiliki keoptimalan agar fungsi dan kebergunaannya berjalan dengan baik.

Untuk menjalankan sistem kelistrikan dengan baik, arus listrik motor perlu dihasilkan dengan optimal. Sedangkan arus listrik ini tidak hanya berasal dari aki motor, namun arus listrik ini dihasilkan dari berbagai parts. Sistem kelistrikan untuk menghasilkan arus listrik ini dihasilkan oleh komponen pembentuk mulai dari aki, kiprok, kabel kelistrikan, hingga sepul (spool).

Apa Penyebab Motor Tidak Ada Arus Listrik
Setelah mengetahui dari komponen pembentuk kelistrikan, maka jika mendapati masalah mengenai motor yang tidak ada arus listrik itu sudah dipastikan terdapat masalah pada dari bagian komponen pembentuk kelistrikan. Dengan kata lain, penyebabnya belum tentu dikarenakan oleh aki dan bisa jadi dikarenakan oleh berbagai parts lain komponen kelistrikan.

Dari kutipan Kepala Bengkel AHASS Astra Motor Natar Fredy Ranto K mengungkapkan “Motor tidak ada arus listrik itu sebabnya banyak, pertama cek aki, kalau aki bukan berarti antara kiprok, sepul (spool), kabel-kabel yang rusak. Tapi bisa juga dari semua komponen kelistrikan tersebut rusak. Biasanya lebih karena usia atau imbas dari kebanjiran.”

Penyebab motor tidak ada arus listrik biasanya disebabkan dari salah satu atau beberapa komponen kelistrikan yang sudah rusak, bisa dikarenakan kabel kelistrikan, kiprok, sepul (spool), atau aki yang rusak. Pemilik motor yang mendapati masalah seperti ini diperlukan untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan yang tepat.
Motor Tidak Bisa Distater, Padahal Aki Baru

Umumnya ketika mendapati masalah motor yang tidak bisa distater, pemilik motor langsung mendiagnosa aki yang rusak. Padahal hal ini belum tentu benar, terbukti lewat beberapa kasus mengenai aki yang sudah baru, tapi motor tidak bisa distater. Lalu jika menemui masalah motor tidak bisa distater padahal aki baru, hal itu dikarenakan dari antara kiprok, sepul (spool), kabel kelistrikan yang sudah rusak atau bahkan seluruh part tersebut yang memang sudah rusak.

Sistem kelistrikan biasanya tidak mudah rusak, yang menyebabkan kerusakan adalah usia motor. Dengan penggunaan harian dan usia motor yang sudah menempuh 3-5 tahun, biasanya masalah kelistrikan akan muncul. Selain dari masalah usia motor, maka penyebab lainnya adalah imbas dari terkena banjir yang cukup tinggi