(pelitaekspres.com) – NATAR – Sering terjadi, motor matik menglami rem blong seringnya di jalan menurun. Bahkan peristiwa ini sering menelan korban jiwa. Terlebih di motor matik, kita tidak bisa menggunakan engine brake seperti motor dengan gigi manual atau kopling tangan. Supaya paham, ini gejala-gejala rem motor matik akan mengalami blong.

Devi Anggraeni selaku Team Leader Astra Motor Natar menyampaikan bahwa pengendara motor memang harus mengetahui teknik-teknik mengoperasikan motor yang benar sebelum berkendara.

“Kenapa rem motor matik blong sebenarnya karena suhu remnya terlalu panas, sehingga di dalam minyak remnya timbul gelembung udara yang mengakibatkan blong,” kata Devi.

Lantas, bagaimana kiat mencegah terjadinya rem blong di motor matik? Selain menyarankan untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bergantian, jarak main rem juga jadi hal yang harus diperhatikan.

“Jika di awal cuma tekan rem sedikit motor sudah terasa akan berhenti tapi kok lama-lama jadi harus menekan agak dalam, itu tandanya suhu remnya sudah mulai panas, maka segera pindah ke rem satunya, itu sudah gejala rem akan blong,” bebernya.

“Jadi, rem digunakan depan dan belakang secara berbarengan terus, itu jangan. Gunakanlah secara bergantian agar suhu dan kinerja rem tetap terjaga,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan