Home / NASIONAL / Pemprov Malut Raih Penghargaan APE 2020

Pemprov Malut Raih Penghargaan APE 2020

(pelitaekspres.com) -SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA Malut), pertama kali berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

Anugrah tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Penghargaan APE 2020 diberikan kepada 13 Kementerian/Lembaga, dan juga 29 Pemerintah Provinsi, serta sebanyak 193 Pemerintah Daerah Kabupaten dan 73 Pemerintah Kota secara daring.

Selain itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan APE yang terdiri dalam 4 (empat) kategori, yakni kategori Pratama, diberikan kepada 8 Provinsi, dan 113 Kabapaten/Kota; kategori Madya, diberikan kepada 6 Kementerian, 4 Provinsi, dan 91 Kabupaten/Kota; kategori Utama, diberikan kepada 13 Provinsi, dan 59 Kabupaten/Kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 7 Kementerian/Lembaga, 4 Provinsi dan 4 Kabupaten/Kota.

“Sejak 2004, Pemerintah melalui Kementerian PPPA telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG),” kata Menteri Bintang Puspayoga.

Melalui pemberian penghargaan APE ini, Menteri Bintang Puspayoga harapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia.

“Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” tutup Menteri Bintang Puspayoga.

Untuk penghargaan yang diterima Gubernur Ghani Kasuba, merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Dimana, untuk penghargaan APE 2020, pertama kali diraih Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate yang mendapat kategori Pratama, Pemberian penghargaan APE 2020.

Kadis PPPA Maluku Utara, Musyrifah Alhadar dalam keterangan rilisnya menyampaikan bawa ia merasa bangga dan senang bisa meraih penghargaan dari Presiden melalui Kementrian PPPA RI.

Kata Ivo, sapaan karib Kadis PPPA Malut, penghargaan ini merupakan kali pertama yang dicapai DPPPA Malut.

“Olehnya itu, prestasi ini harus di pertahankan kalau perlu ditingkatkan melalui kolaborasi bersama dengan semua stakeholder, “pungkasnya. (ais).

DIBACA 13 kali

About admin adminku

Check Also

Bupati Nias Barat Kunjungi Rumah Keluarga Korban Laka Lantas

(pelitaekspres.com)– KEPULAUAN NIAS–Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu kunjungi rumah keluarga dua orang korban lakalantas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *