Home / Pemprov / Pemprov Lampung Terima Penghargaan IGA Katagori Provinsi Sangat Inovatif

Pemprov Lampung Terima Penghargaan IGA Katagori Provinsi Sangat Inovatif

(pelitaekspres.com) – JAKARTA – Pemerintah Provinsi Lampung menerima penghargaan Innovative Government Awards (IGA) dengan katagori Provinsi Sangat Inovatif dalam Acara Penganugerahan Innovative Government Awards (IGA) bertempat di Gedung C Lantai III Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jumat (23/12/2022).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Kusnardi, M.Agr. dalam hal ini menerima trofi yang diserahkan oleh Asisten Deputi Bidang Koordinasi Desentralisasi dan Otonomi Daerah Kemenko Polhukam Syamsuddin sebagai anggota Tim Penilai IGA Tahun 2022.

Dalam Sambutannya, Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan dan  berharap bahwa acara ini dapat menjadi evaluasi.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo yang telah berinisiatif melaksanakan acara ini, saya berharap acara ini tidak hanya sekedar ritual tahunan pemberian penghargaan inovasi kepada pemerintah daerah, momentum ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk berkontemplasi, merenungkan dan melakukan evaluasi dari manfaat kita melakukan inovasi.” harapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo sebagai Penyelenggara IGA Tahun 2022 memaparkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 November 2022 sampai dengan 7 Desember 2022 dan bertujuan untuk melakukan pengecekan kesesuaian presentasi kepala daerah dengan kondisi yang ada di lapangan terkait penerapan inovasi unggulan baik digital maupun non digital yang dilakukan.” ujarnya.

Penganugerahan Innovative Government Awards atau IGA merupakan acara puncak dari kegiatan pelaporan Indeks Inovasi Daerah (IID) yang diselenggarakan setiap tahun. Terdapat lima kategori peserta yang mendapat Anugerah IGA Tahun 2022, yaitu Provinsi Terinovatif, Kabupaten Terinovatif, Kota Terinovatif, Derah Perbatasan Terinovatif dan Daerah Tertinggal Terinovatif.

Selama tahun 2022, Pemerintah Provinsi Lampung berpartisipasi dalam pelaporan Indeks inovasi Daerah, dengan menyampaikan 149 (seratus empat puluh sembilan) kegiatan inovatif yang dilaksanakan oleh seluruh Perangkat Daerah.

Dengan inovasi yang dilaporkan tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung berhasil meraih kategori Provinsi Sangat Inovatif. Posisi ini memperbaiki hasil pada tahun 2021 dimana Provinsi Lampung berada pada posisi 15 (lima belas) dengan kategori Provinsi Inovatif melalui 115 (seratus lima belas) kegiatan inovatif.

Selain Pemerintah Provinsi Lampung, terdapat tiga Kabupaten di Provinsi Lampung yang juga berhasil meraih penghargaan dalam IGA Award Tahun 2022. Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesawaran berhasil meraih Kabupaten sangat inovatif dalam IGA Award. Selain itu, Kabupaten Tanggamus juga berhasil meraih Kabupaten Ter-Inovatif pada penghargaan IGA Award Tahun 2022.

Terdapat tiga kriteria inovasi daerah yang dapat disampaikan dalam Indeks Inovasi Daerah, yaitu :

Pertama, Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, yang merupakan inovasi dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan daerah yang meliputi penataan tata laksana internal dalam pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelolaan unsur manajemen,

Kedua, Inovasi Pelayanan Publik, merupakan inovasi dalam penyediaan layanan kepada masyarakat atau pihak lainnya yang meliputi proses pemberian layanan barang/jasa publik, serta inovasi jenis dan bentuk barang/jasa publik, yang memberi pelayanan langsung kepada masyarakat atau pihak lainnya seperti inovasi dalam pelayanan perijinan, inovasi dalam pelayanan kesehatan, inovasi dalam pelayanan pendidikan dan lain sebagainya;

Terakhir, Inovasi Daerah lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah, adalah segala bentuk inovasi daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, seperti inovasi pemberdayaan usaha ekonomi, sosial budaya, adat-istiadat dan lain sebagainya.

Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa IGA 2022 mengasah dan memotivasi untuk terus bergerak dan melakukan linovasi-inovasi daerah.

Kemenpan RB juga melakukan beberapa percepatan termasuk di dalam proses bisnis terutama di kementrian kami sendiri dan sudah di rombak, salah satunya program Coaching Klinik.

“Jadi teman-teman enggak perlu lagi nanti berjalan dinas Kemenpan RB setiap hari sudah dibuka, kalau mau tanya soal SDM semua mulai soal honorer dan seterusnya itu hari Senin, ada zoom ada telepon dan seterusnya hari Selasa soal kelembagaan”, pungkasnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

About admin adminku

Check Also

Pemprov Lampung Ikuti Webinar Dalam Rangka Tahapan Pemilu Tahun 2024

(pelitaekspres.com) –BANDAR LAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung mengikuti Webinar dengan tema “Menjaga Netralitas Penyelenggara Negara …

Tinggalkan Balasan