(pelitaekspres.com) –LAMSEL- Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) melakukan peninjauan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Lampung Selatan, Senin (04/03/2024).

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, M. Taufiqullah mengungkapkan peninjauan jalan dilakukan guna mensurvei ruas-ruas jalan yang menjadi prioritas perbaikan dengan mengoptimalkan anggaran yang tersedia.

Salah satunya menurut M. Taufiqullah, ruas jalan yang menjadi prioritas perbaikan adalah  jalan yang dapat mendongkrak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kita memaksimalkan ada posisi segmen-segmen yang paling penting untuk dilakukan agar ekonomi masyarakat tetap bisa berlangsung. Jadi, proses jalan yang paling rusak-rusak itu yang kita laksanakan pembangunan,” ujarnya.

M. Taufiqullah mengungkapkan bahwa salah satu penyebab kerusakan badan jalan diakibatkan oleh buruknya drainase. Oleh karenanya salah satu yang juga menjadi prioritas perbaikan adalah sistem jaringan drainase.

Adapun beberapa ruas yang ditinjau meliputi : Korpri-Sukadamai, Sukadamai-Kibang, Metro-Tanjung Kari, Tanjung Kari-Pugung, Pugung-Jabung, Jabung-Labuhan Maringgai, dan Kalianda-Kunjir-Gayam.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kadis BMBK Provinsi Lampung, Kepala UPTD Wilayah II Dinas BMBK Provinsi Lampung Yovi Humara menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab kerusakan jalan adalah genangan air di badan jalan, terutama pada saat curah hujan tinggi, yang disebabkan oleh buruknya sistem jaringan drainase.

Yovi Humara menjelaskan bahwa salah satu tugas dari UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah II Dinas BMBK, selain melakukan perbaikan badan jalan, pemeliharaan juga melakukan rehabilitasi drainase seperti gorong-gorong.

Yovi juga menambahkan, salah satu ruas jalan di Lampung Selatan yang menjadi prioritas yaitu ruas jalan Korpri-Sukadamai karena memiliki traffic dan kepadatan yang tinggi. Diharapkan perbaikan ruas jalan tersebut dapat dirampungkan sebelum Idul Fitri.(Red)