(pelitaekspres.com) -METRO –Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (D-KP3) Kota Metro dalam sebulan dua kali trus mengadakan Pasar Tani Agro Ceria guna menjaga penekanan terhadap inflasi di masyarakat , kegiatan berlangsung di halaman wisma haji Al Khairiyah Kota Metro , Jum’at 19/1/2024.

Sekertaris Daerah Kota Metro bangkit Haryo Utomo saat di wawancara i awak media mengatakan kegiatan pasar ini adalah agenda yang di lakukan dua kali dalam sebulan.

“Hari ini adalah kegiatan pasar tani agro ceria yang setiap bulan dilaksanakan dua kali dalam sebulan,minggu pertama itu di dinas pertanian Minggu ketiganya di kecamatan atau kelurahan nah ini yang sudah di kecamatan ini Metro Pusat ,”ucap sekda .

“Salah satu kegiatannya adalah penjualan beras murah dan telor selisih 2000 dari pasar.Yang ditambah ada tepung ,bawang, juga jajanan-jajanan yang setiap sebulan dua kali kita pasar kan , kegiatan ini juga dapat membantu masyarakat manakala harga beras tidak stabil, serta memang kegiatan ini sepanjang tahun dan mudah-mudahan sampai seterusnya ,”paparnya .

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini sempat dikunjungi oleh beberapa staf kedinasan dari pemerintahan kabupaten Mesuji, yang bertujuan untuk belajar terkait penanganan inflasi.

“Tadi ada kunjungan dari pemerintahan Mesuji yaitu ada asisten,Kepala Dinas pertanian,kepala dinas perdagangan, staf ahli, dan kepala ketahanan pangan,”ungkapnya.

“Dan tujuan mereka mau belajar terkait dengan penanganan inflasi karena inflasi sekarang kan hanya dua kota yang dinilai Metro dan Bandar Lampung ini kabupaten Mesuji dan Lampung Timur menjadi penilaian inflasi mereka belajar ke Metro , yang akan diterapkan di kabupaten mereka Mesuji,”sambung sekda .

Sementara itu Pipi Puspitasari selaku Kabid Pertahanan Pangan Dinas KP3, yang mewakili kepala dinas KP3 mengatakan kegiatan ini adalah sudah merupakan agenda di Pemkot Metro , untuk wadah pertemuan produsen dan masyarakat.

“Ini adalah kegiatan yang sudah menjadi agenda pemerintah Kota Metro pasar tani agro ceria sebagai wadah temuan produsen kita dengan masyarakat dan itu akan terus berkembang ,”ucapnya.

“Dan di dalamnya ada gerakan pangan murah, Gertapaga pembagian bibit cabe secara gratis serta ada juga klinik konsultasi pertanian untuk mengedukasi masyarakat, donor darah, pos pelayanan terpadu serta saat ini ada tambahan yaitu perpustakaan keliling,” tambahnya.

Pihaknya berharap pasar agro ceria ini menjadi wadah pertemuan pemerintahan Kota Metro dengan masyarakat karena di sini juga ada kegiatan senam KJS .

“Harapannya dengan interaksi dengan masyarakat bisa lebih mendekatkan dengan masyarakat dan dengan pasar agro ceria ini bisa bermanfaat terhadap masyarakat karena juga merupakan untuk menggerakkan perekonomian,”harapnya.

Kemudian ia juga menegaskan bahwa dengan kegiatan ini telah banyak membuat kenaikan pertumbuhan yang efektif terutama dari omset.

“Kegiatan ini sudah berjalan 3 tahun dan sudah dinilai efektif karena kalau kita lihat dari omset yang terukur di tahun 2022 mencapai 547 juta , dan untuk tahun 2023 kemarin naik dua kali lipat hingga 1,1 miliar,” paparnya lagi.

“Artinya ada perputaran ekonomi kalau manfaat di sini pun terdapat bibit cabe sayuran ataupun yang lainnya yang dibagikan gratis,”tandasnya.(Mia)