(pelitaekspres.com) -BANDARLAMPUNG- Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) menggelar pembekalan bagi calon lulusannya, bertujuan untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan karier di masa depan.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Prof. Abdul Kadir Muhammad FH Unila pada Rabu, 28 Februari 2024 ini dihadiri Ketua Ikatan Alumni FH Unila periode 2023-2028, Dr. Asri Agung Putra, S.H., M.H., Hakim Pengadilan Negeri Kota Agung, Zakky Ikhsan Samad, S.H., M.H., dan Ketua Dewan Kehormatan Wilayah Provinsi Lampung, Chairul Anom, S.H.

Puluhan mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) turut hadir secara luring. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat lebih mudah mengidentifikasi minat dan potensi mereka sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dengan bekal kesiapan mental yang kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Dr. Asri Agung Putra dalam sambutannya menjelaskan beragam aspek terkait kejaksaan, termasuk sejarah, Undang-Undang Kejaksaan RI, wewenang, peran, syarat menjadi jaksa, dan kode etik perilaku jaksa. Hal itu bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang profesi tersebut.

Chairul Anom, pada bagian presentasinya, membahas tentang jabatan Notaris, menjelaskan peran serta kewenangan yang dimiliki notaris, seperti membuat Akta Autentik dan mengesahkan tanda tangan.

Sesi berikutnya, Zakky Ikhsan Samad memaparkan materi mengenai profesi hakim. Dalam penjelasannya, ia menekankan pentingnya pengetahuan luas dan integritas yang tinggi bagi seorang hakim.

Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang jelas bagi para mahasiswa tentang berbagai profesi yang dapat mereka geluti setelah lulus. Dengan demikian, mereka diharapkan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja, terutama dalam bidang hukum seperti kejaksaan, notaris, dan hakim. Ini menjadi langkah awal yang penting menuju kesuksesan karier di masa depan bagi para calon lulusan FH Unila.(Red)