Home / DAERAH / Nyono Rahadi Abdi Masyarakat Liman Benawi Yang Selalu Siap Sedia Melayani
Kepala Kampung Liman Benawi, Nyono Rahadi, S.A.P

Nyono Rahadi Abdi Masyarakat Liman Benawi Yang Selalu Siap Sedia Melayani

(pelitaekspress.com) -LAMPUNG TENGAH -Ditengah krisis Virus Covid-19, tidak menyurutkan Kepala Kampung Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Nyono Rahadi, S.A.P beserta jajarannya dalam menjalankan tugas untuk selalu melayani masyarakat.

Kepala Kampung Liman Benawi Nyono Rahadi menegaskan, jabatan Kakam merupakan jabatan sebagai seorang pemimpin, bukan sebagai penguasa. Seorang pemimpin lebih mendahulukan kepentingan umum daripada diri dan keluarganya,” kata Nyono Rahadi kepada Media ini, Minggu (05 Juli 2020).

Lanjut Nyono Rahadi menambahkan, seorang pemimpin lebih suka melayani masyarakat yang dipimpin, daripada minta dilayani masyarakat. Seorang pemimpin itu, mendahulukan keteladanan daripada sekedar ucapan dan seorang pemimpin adalah sebagai abdi atau pelayan masyarakat yang dipimpinnya.

Kemudia, kata Nyono Rahadi, seorang pemimpin itu mendahulukan moral dan nilai-nilai daripada kewenangan, sehingga ia akan mengutamakan cara persuasi dalam penyelesaian setiap permasalahan dan bukan dengan cara mengancam atau menakut-nakuti,” ujarnya.

Nyono Rahadi menambahkan, membuat rakyat bahagia adalah tugas seorang pemimipin. “Saya minta kepada seluruh perangkat Kampung, agar bisa kompak bekerja sama dengan masyarakat dan juga pemerintah. Jangan pernah meninggalkan rakyat untuk diajak rembugan.

Ada pitutu luhur para sepuh jaman dahulu untuk bisa diamalkan. “Sebagai pemimpin, kata Nyono, maka kita harus memiliki sifat rumekso, rumasuk, rumesep lan rumongso. Sebagaimana pelajaran para leluhur kita dulu,” ungkapnya.

Menurut Nyono, sifat rumekso, yakni aparatur Kampung wajib merawat keutuhan Bangsa dan kerukunan warga yang terpelihara dalam berbagai aktivitas. Mulai dari gotong-royong, musyawarah hingga senang kerja bakti. Hal itu sebagai tata nilai warisan leluhur yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Sedangkan sifat rumasuk, adalah aparatur Kampung yang memiliki sifat lemah amanah dan mampu hadir di tengah masyarakat dengan menularkan perilaku ajur ajer menyatu. Termasuk dengan membaur dengan aktivitas masyarakat,” imbuhnya.

“Selanjutnya sifat rumesep, kata Nyono, yakni mampu menghadirkan layanan yang paripurna sehingga membuat warga yang dilayani menjadi bahagia. Sedangkan sifat rumongso, bahwa sebagai pemimpinan wajib menghadirkan nilai-nilai keteladanan dan kecontohan yang baik dalam masyarakat.

Mulai dari sikap hingga tutur kata, sehingga tumbuh kepercayaan masyarakat kepada pemerintah Kampung khususnya Liman Benawi,” jelas Nyono. (Pur)

 

 

 

DIBACA 585 kali

About pelitaekspres

Check Also

Perdana! KNPI Lampung Adakan “NGOPI” Ala Pemuda Lampung

(pelitaekspres.com)-BANDAR LAMPUNG – Perdana! KNPI Provinsi Lampung adakan sebuah program baru yakni ‘Ngolah Pikir (Ngopi) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.