(pelitaekspres.com) -JAKARTA- Sidang Pleno Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 se-Jakarta Utara serentak dimulai pada hari ini, Senin (26/2). Hasil Musrenbang akan menjadi bahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang mendukung prioritas pembangunan Jakarta sebagai Kota Global Tahun 2025.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengungkapkan Jakarta kedepan setelah tak lagi menjadi Ibukota Negara akan berperan sebagai Kota Global, dengan visi Pembangunan sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Kota Global yang berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan jasa keuangan, serta kegiatan bisnis nasional dan global.

Oleh karenanya, Pembangunan DKI Jakarta diarahkan pada Penguatan Ketahanan melalui tema ‘Penguatan Ketahanan Kota melalui Pembangunan yang Merata, Inklusif, dan Berkelanjutan’.

“Untuk itu, perencanaan kita pada level kota haruslah mendukung pada prioritas Pembangunan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2025, yaitu peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur kota, akselerasi pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan Masyarakat, dan tata Kelola pemerintahan yang adaptif,” ungkap Ali Maulana Hakim dalam sambutan Sidang Pleno Pembukaan Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 Kota Administrasi Jakarta Utara Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025, di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Senin (26/2).

Dalam pembahasan Musrenbang ini, Ali mengajak seluruh elemen pentahelix (Pemerintah, Pemangku Kepentingan, Akademisi, Warga, dan Media) di Jakarta Utara aktif berpartisipasi memverifikasi 1.893 usulan untuk selanjutnya divalidasi dengan tetap mempertimbangkan rekomendasi dari tim teknis Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD)

“Musrenbang merupakan wadah Bersama untuk saling bersinergi dalam Menyusun rencana Pembangunan di Jakarta Utara yang efektif dan efisien, serta sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat,” ajaknya.

Menanggapi Pleno Musrenbang ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Tina Agustina Hermanto berharap usulan masyarakat bisa dipertimbangkan dan ditindaklanjuti sehingga tidak mengulang pembahasan di Tingkat Provinsi DKI Jakarta bersama DPRD Provinsi DKI Jakarta. Usulan yang dikemukakan warga dalam wadah Musrenbang ini juga diharapkan terus berkembang bukan hanya soal fisik tapi juga Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Usulan setiap tahunnya pasti berkembang karena permasalahan di lapangan juga berkembang, bukan hanya fisik tapi ada juga Pembangunan SDM,” tutup Tina Agustina Hermanto.

Diketahui, Sidang Pleno Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2024 se-Jakarta Utara berlangsung hingga Kamis (7/3) mendatang. Usulan yang telah divalidasi akan kembali dibahas dalam Musrenbang Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara dan Tingkat Provinsi DKI Jakarta.(WBO)

 

Tinggalkan Balasan