(pelitaekspres.com) –TUBA- Mahasiswa KKN (Unila) Desa Penawar Baru, Gedung Aji, Tulang Bawang pada Minggu, 4 Februari 20254, melakukan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan menanam benih sayuran di polybag. Kegiatan diadakan bersama dengan PKK Desa Penawar Baru dalam menyelenggarakan kegiatan penanaman benih di polibag sebagai pemanfaatan lahan pekarangan.

Annisa Lathifah selaku ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan pekarangan juga meningkatkan ketahanan pangan. Kegiatan yang dilakukan agar warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam benih yang nantinya menghasilkan dan ketahanan pangan dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia.

“Kita menanam dengan benih kecil dan benih besar, untuk benih besar bisa langsung ditanam di polibag sementara untuk benih kecil dengan menyemai menggunakan daun pisang yang dibentuk tabung,” tambah Annisa.

Benih yang ditanam meliputi benih cabai, kangkung, pakcoy, dan sawi, nanti bisa dipanen dan diserahkan ke tim PKK untuk dikonsumsi bersama ataupun dijual.

Ketua PKK Desa Penawar Baru Maryati mengatakan, dengan kegiatan ini berguna untuk tim PKK memiliki pengalaman lebih luas. Kegiatan ini membantu tim penggerak PKK dalam memanfaatkan lahan pekarangan dan juga menumbuhkan tali silaturahmi antar anggota PKK.

Jumiati merasa senang dengan adanya kegiatan ini yang menambah wawasan masyarakat Desa Penawar Baru. “Senang sekali karena dengan adanya mahasiswa KKN yang mengadakan kegiatan ini kami menjadi tahu dan bisa melakukan penanaman benih di polybag , juga menambah pengalaman,” ungkapnya.(Rls)

 

Tinggalkan Balasan